You are on page 1of 20

Pelatihan

MEMBUAT WEBSITE PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN JOOMLA 1.5.5

Disusun oleh: Muhammad Irfan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta


Sabtu, 20 Maret 2010

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

DAFTAR ISI

I.

BABIMENGENALJOOMLA
A. B. C. ContentManagementSystem CMSJoomla Plugin/AdonsJoomla.. 3 4 4

II.

BABIIINSTALASIJOOMLA
A. B. PraInstalasi JoomlaInstalation 6 7

III.

BABIIIMEMBUATWEBDENGANJOOMLA
A. B. C. D. InstallTemplate. Users. Sections,Categories,andArticles... Modules.. 11 13 13 17

IV.

DAFTARPUSTAKA..

20

2 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

BABI MENGENALJOOMLA

CMS (Content Management System)


Sebagai langkah awal ada baiknya Anda mengerti dahulu apa itu CMS atau Content Management System. Apakah sama dengan software HTML editor lainnya seperti Microsoft FrontPage, Dreamweaver, atau bahkan sebuah Notepad.

Seperti yang kita ketahui, content merupakan salah satu urat nadi dari kehidupan sebuah website. Tanpa content dapat dipastikan tidak ada website. Sebuah website yang dikelola dengan baik pasti akan selalu berusaha menampilkan content terbaru bagi para pengunjungnya. Lalu apa yang dimaksud dengan content sebenarnya? Pada dasarnya content adalah sebuah unit informasi yang digunakan untuk membentuk sebuah halaman di website. Dapat terdiri dari apa saja; teks, gambar, video, suara, dan lain sebagainya.

Dari content yang sudah ada tadi, kemudian diatur sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah website. Untuk memudahkan pekerjaan, sering kali aturan-aturan dan proses kerja pun dibuat antara seorang webmaster yang lebih memperhatikan sisi teknis dan penampilan dari website dengan seorang penulis/editor yang menyumbangkan content untuk website. Dalam arti kata lain, manajemen terhadap content yang akan ditampilkan. Baik webmaster maupun penulis/editor dapat membuat, mengedit, mengatur dan mempublikasikan sebuah content dalam framework/system yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Framework atau sistem, tempat di mana content itu diletakkan menfasilitasi perkakasperkakas yang dibutuhkan untuk menjaga konsistensi proses pembuatan halaman-halaman di website secara efisien dan efektif. Bila semua informasi diatas kita gabung menjadi satu, dapatlah disimpulkan, CMS adalah sebuah sistem yang memudahkan proses penciptaan sebuah website dinamis yang kaya akan content, dengan memberikan kemudahan kepada penulis/editor untuk menambah, memperbaharui dan menghapus content yang ada tanpa campur tangan langsung dari webmaster. Sebuah CMS akan membedakan content dari desain, memelihara konsistensi tampilan dan memudahkan pemanfaatan content untuk berbagai keperluan. Dengan menyimpan data di satu tempat, mengontrol hak akses dan alur kerja memperbesar kesempatan pemakai berpartisipasi dalam pengembangan website anda. 3 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

CMS Joomla
Joomla adalah salah satu dari ratusan free CMS yang tersedia di Internet yang memiliki jumlah pengguna yang besar. Kemudahan pengaturan content, dukungan di Internet yang banyak, plugin yang melimpah; merupakan keunggulan CMS Joomla yang membuat Joomla banyak diminati orang. Pada Joomla, setiap halaman dari web memuat bermacam-macam block dari content, block ini disebut juga position. Anda mengatur layout untuk halaman dengan sebuah template, termasuk penempatan banyak block pada halaman web, font, warna, dan background. Lalu Anda menempatkan bermacam-macam module dalam sebuah block. Dan terakhir Anda menambahkan content dan menampilkan pada halaman utama web Anda.

Plugin / Addons Joomla


Plugin / addons adalah extensions atau penambahan fungsi dan kemampuan pada joomla. Plugin Joomla dibagi menjadi lima bagian, akan tetapi kita hanya akan membahas tiga bagian saja. Kelima bagian tersebut adalah: 1. Joomla Templates 2. Languages Packs 3. Components 4. Modules 5. Mambots Dari kelima bagian tersebut, pasti mempunyai fungsi yang berbeda. Sekarang, akan kita kupas tuntas tentang bagian bagian tersebut.

1. Joomla Templates
Template adalah design tampilan atau interface yang dapat diterapkan pada Front-end maupun Back-end Joomla. Jadi, ketika kita bosan dengan tampilan situs web kita, kita bias merubahnya dengan mudah dengan cara menginstall template dan

mengaktifkannya.

2. Components
Components adalah plugin yang paling powerfull. Component biasanya mempunyai isi yang sangat lengkap dan bias menemtukan segmen situs web. Forum-kah, ECommerce kah? Kita tinggal install masing-masing component tersebut. Bisa dikatakan component adalah paket tambahan yang memiliki fungsi masing-masing yang dapat diintegrasikan dengan Joomla. 4 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

3. Modules
Modules sangat mirip dengan component, sehingga banyak orang bertanya tanya apa sih bedanya modules dengan component?? Dalam konsep, keduanya memang mirip namun keduanya tidaklah sama. Jika dilihat dari segi penggunaannya, modules dibagi menjadi dua bagian: a. Standalone Modules Standalone Modules adalah modules yang bias digunakan dan diinstall tanpa memerlukan component tambahan. Contoh: module mini calendar(modul yang digunakan untuk menampilkan kalender) b. Integrated Modules Integrated Modules adalah module yang hanya bias digunakan apabila component pendukungnya telah diinstall. Contoh: module EasyRandomImages (module ini untuk menampilkan gambar-gambar yang terdapat pada component EasyGallery). Jadi jika components Easygallery belum diinstall maka modules tidak akan bias diinstal, apalagi dijalankan.

5 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

BABII INSTALASIJOOMLA

Pra-Installasi CMS Joomla


Software yang dibutuhkan: 1. XAMPP (sebagai server) bias juga yang lain. 2. Joomla 1.5.5 atau versi yang lain 3. Dreamweaver CS2 (untuk mengedit bahasa pemrograman. Alternatif yang lain: Notepad++, Notepad, dan PHP editor lainnya). 4. Internet browser (untuk melihat web yang akan di buat. Misalnya: Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, dll)

XAMPP Setup
Untuk membangun web site berbasis Joomla dibutuhkan web server agar Joomla dapat dijalankan. Cara termudah membangun server lokal di komputer dengan menggunakan XAMPP. Cara menginstall XAMPP web server adalah sebagai berikut : 1. Run set up, ikuti petunjuk yang tersedia, Apache dan MySQL harus terinstall

2. Setelah proses instalasi selesai buka browser Mozilla atau Opera, ketikan localhost atau 127.0.0.1. Jika instalasi XAMPP web server berhasil maka akan terlihat sebagai berikut :

6 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

Unzip Joomla!
1. Langkah pertama buat folder untuk Joomla dengan cara membuka folder XAMPP terinstal, buka folder htdocs .

2. Buat folder baru di dalam folder htdocs misalnya,mysite. 3. Unzip semua file Joomla 1.5.5 pada folder yang baru saja dibuat.

Joomla! Installation
1. Buka web browser ketikan pada url localhost/nama folder yang dibuat pada htdocs. Misalnya: http://localhost/mysite 2. Pilih bahasa yang akan digunakan pada step 1, tekan next.

7 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

3. Pre-instalation Check klik next 4. Kemudian di lisence pada step 3, tekan next. 5. Pada bagian Data Base configuration,isikan sebagai berikut :

8 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer 6. Lewati step 5, dan tekan next untuk melanjutkan ke step 6. 7. Beri nama Site Name sesuai yang dikehendaki, alamat e-mail, admin password, NOTE: DO NOT PRESS Install Sample Data!

No sample data or other data installed. Click OK to continue. Click Cancel to redo this step.

8. Tekan next

9. Buka folder dimana Joomla di Unzip, delete folder installation. Misal: C:\xampp\htdocs\mysite 10. Buka web browser ketikan localhost/nama folder instalasi joomla. Misal: http://localhost/mysite/administrator/ (untuk mengakses halaman admin) 9 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer http://localhost/mysite/ (untuk mengakses halaman website)

Gb. Admin login

Gb. Halaman Website

10 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

BABIII MEMBUATWEBDENGANJOOMLA

Install Templates
1. Klik extensions install/uninstall

2. Pilih Elegance5 lalu klik open.

3. Kilk Upload File and Install 4. Kemudian Klik extensions Template Manager

11 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

5. Pilih Elegance5 sebagai default. Kemudian preview di web.

Note: Untuk merubah Main Title dan Sub Title, silahkan pilih template Elegance5 kemudian klikedit>editHTMLyangterletakdikananatas.KemudiancarilahtulisanMainTitlekemudian AndagantidengantulisansesukaAnda,begitupuladenganSubTitle.

12 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

Users
1. Klik User Manager

2. Pengaturan member yang terdaftar, admin bisa menambah atau menghapus hak akses user. Admin juga dapat mengatur tingkat privilege user menjadi member, publiser,administrator dll.

3. Logout, untuk keluar. Dan coba kembali melakukan login dengan nama user yang telah diganti.

Sections, Categories, and Articles


Manajemen artikel pada Joomla terletak pada section dan categories , section dapat berisi banyak categories dan categories dapat berisi banyak articles. 1. Klik section manager untuk membuat section.

13 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

2. Klik new pada Joomla toolbar. 3. Masukkan title dan description untuk section dan tekan save pada toolbar. 4. Buat section sesuai dengan kebutuhan, gunakan section untuk mengelompokkan item yang memiliki kemiripan ke dalam satu group. Sebagai contoh menambahkan nama section Article dan Gallery.

5. Klik pada toolbar joomla content untuk membuat categories pilih Category Manager ikuti langkah seperti membuat section. 6. Gunakan categories untuk mengelompokkan item lebih spesifik. Untuk Article section buat categories Event Organizer, IT dan Motivation. Untuk section Gallery buat My Diary category

14 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

Menus and Categories


Selanjutnya untuk membuat menu dari category yang telah dibuat sebelumnya yakni Event Organizer, IT dan Motivation dengan section masing masing. 1. Dari Menus menu pilih Main Menu. 2. Klik new pilih Articles dan Category Blog layout.

3. Klik save . 4. Selanjutnya untuk membuat artikel, klik Content pilih Articles Manager dan pilih New pada toolbar. Masukkan Title, section, Category dan cek pada published serta front page

7. Setelah semua proses selesai klik Save atau Apply, buka halaman situs.

15 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

Search
1. Dari Menus menu pilih Main Menu. 2. Klik New, select Search and then Search:

1. Klik save, buka halaman depan web site untuk melihat perubahannya.

16 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

Modules
Buka admin panel site dari Extensions menu, select Module Manager.

Login
1. dari Extensions menu, select Module Manager. 2. Klik New, then select Login and click Next:

3. Atur sesuai yang dikehendaki, posisinya penempatan dsb.

4. Klik save, buka halaman depan web site untuk melihat perubahannya.

17 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

Polls
1. dari Extensions menu, select Module Manager. 2. Klik New, then select Polls and click Next:

3. Isi title Apakah informasi yang ada di dalam website ini sudah memadai?, kemudian aturlah posisi di sebelah kanan (right). 4. Kemudian klik save.

5. Kemudian pada joomla toolbar, klik component poll lalu klik new.

18 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer

6. Kemudian isikan title dan option option. Jika sudah selesai, klik save. Lihat di webnya.

19 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)

[PATLIMO] EO, Percetakan, IT Trainer DAFTAR PUSTAKA

Gunadi, I Made. 2008. Joomla! Website Magic 2. Jasakom Dept.akademik kmm08. 2008. Workshop Joomla dalam 4 Jam. MEGA WORKSHOP . IT for Life . Building Dynamic Web with CMS JOOMLA! Irfan,Muhammad. 2009. Tugas Akhir Membuat Website Jurusan Dengan Menggunakan Joomla 1.5.5

20 Muh. Irfan (vahn45@gmail.com)