You are on page 1of 4

AGREEMENT

KERJASAMA OPERASIONAL PENAMBANGAN EMAS DI KABUPATEN MAMUJU DAN KABUPATEN MAMASA PROVINSI SULAWESI BARAT ANTARA KOPERASI SERBA USAHA NUSA BAKTI BERSAMA D.E.E.M. INTERNASIONAL S.A Pada hari ini Jumat tanggal satu bulan Februari tahun dua ribu tiga belas ( 01 - 02 2013 ) bertempat di Hotel SPARK Jalan Mangga Besar Raya Jakarta Barat. Berdasarkan AKTA PENDIRIAN KOPERASI SERBA USAHA NUSA BAKTI yang disahkan oleh MENTERI NEGARA KOPERASI DAN USAHA KECIL - MENENGAH REPUBLIK INDONESIA, dengan Surat Keputusan Nomor : 146/BH/DKP.20/X/2004 tanggal 15 Oktober 2004 (terlampir) yang tidak terpisahkan dengan AGREEMENT ini untuk bekerjasama : I. Nama No. KTP Jabatan Nama No. KTP Jabatan Nama No. Pasport Jabatan : : : : : : RASAEDAH 7602014902640001 Ketua Koperasi Serba Usaha Nusa Bakti YESAYA SALEPPANG 7602012006540001 Sekretaris Koperasi Serba Usaha Nusa Bakti Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA. : PETER T.T. LIM (Lim Tsung Thiam) : E 3089042 D - Singapore : Chairman D.E.E.M INTERNASIONAL S.A Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

II.

III.

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat melaksanakan kerjasama Operasional Penambangan Emas dengan ketentuan sesuai pasal - pasal sebagai berikut: PASAL 1 PIHAK PERTAMA adalah pemilik lahan seluas 5.000 Ha sesuai hasil Eksplorasi Geologist bahan Galian Emas di Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju & Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat.

PASAL 2

PIHAK PERTAMA adalah pemilik lahan sesuai pasal 1 diatas dan Pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Emas sesuai SK. BUPATI MAMUJU Nomor : 58 Tahun 2010 tanggal 16 Februari 2010 (Daftar Koordinat dan Peta Lokasi) terlampir. PASAL 3 PIHAK KEDUA adalah Pemilik Alat (Equipment) dan ORO INDUSTRIES, selaku Pemodal (Pendana) untuk seluruh biaya Operasional Penambangan Emas di lahan PIHAK PERTAMA. PASAL 4 PIHAK PERTAMA akan mengurus (IUP) Explorasi dan (IUP) Operasi Produksi seluas 190 Ha di Desa Lakahang Kecamatan Tabulahan, dalam waktu terhitung sejak di tanda tangani Agreement ini sampai hari Senin tanggal 25 Maret 2013. PASAL 5 PIHAK KEDUA menanggung beban semua biaya pengurusan izin - izin, (IUP) Eksplorasi yang selanjutnya ditingkatkan menjadi (IUP) Operasi Produksi seluas : 190 Ha atas nama Koperasi Serba Usaha Nusa Bakti di Desa Lakahang Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. Semua biaya menjadi beban operasional produksi. PASAL 6 PIHAK KEDUA menyerahkan biaya kepengurusan (IUP) Eksplorasi dan (IUP) Operasi Produksi seluas 190 Ha sesuai Pasal 5 tersebut diatas kepada PIHAK PERTAMA sejumlah Rp. 200.000.000,- (Dua ratus juta rupiah) melalui Bank Danamon ke Rekening Nomor 99595654 dengan tahapan sebagai berikut: Tahap I (Pertama) Rp. 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah) Setelah Agreement ditanda tangani bersama. Tahap II (Kedua) Rp. 150.000.000 (Seratus lima puluh juta rupiah) pada hari Kamis tanggal 07 Maret 2013. PASAL 7 PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA atas dasar Agreement ini BERKOMITMEN melaksanakan penambangan di lapangan dan Pembangunan Pabrik Pengolahan Emas di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, untuk menetapkan Sistim Bagi Hasil sesuai ketentuan sebagai berikut: 1. PIHAK PERTAMA menerima 15% (Lima belas persen) dari Penjualan Hasil Produksi sesuai harga Emas pada saat itu.

2. Sdr. SAMSUDIN menerima 3. Sdr. MOHAMED MYDEIN 4. PIHAK KEDUA menerima

10% (Sepuluh persen) dari Penjualan Hasil Produksi sesuai harga Emas pada saat itu. 5% (Lima persen) dari Penjualan Hasil Produksi sesuai harga Emas pada saat itu. 80% (Delapan puluh persen) dari Penjualan Hasil Produksi sesuai harga Emas pada saat itu. PASAL 8

PIHAK PERTAMA akan menyerahkan salinan Asli (IUP) Operasi Produksi lahan 190 Ha (Asli) sesuai Pasal 5 tersebut diatas untuk kepentingan PIHAK KEDUA dalam Rangka Mobilisasi Alat (Equipment) ORO INDUSTRIES untuk Dokumentasi Pengangkutan dari Negara Amerika USA - Singapore ke Indonesia sampai di Kabupaten Mamuju - Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. PASAL 9 PIHAK KEDUA setelah menerima lembaran Asli (IUP) Operasi Produksi Emas seluas 190 Ha dari PIHAK PERTAMA maka PIHAK KEDUA menyiapkan 1 (satu) unit Mobil Mini Bus Mitshubishi Pajero Sport untuk kepentingan Tim Pemda Kabupaten/Provinsi maupun dari Kementerian ESDM dari Jakarta guna sosialisasi kepada masyarakat di wilayah (IUP) pertambangan emas dan 1 (satu) unit Mobil Pick Up Mitshubishi Strada untuk kepentingan operasional dilapangan. Setelah operasional produksi berjalan. PASAL 10 PIHAK PERTAMA & PIHAK KEDUA menanggung beban dan mempertanggungjawabkan pembuatan dan pelaporan kepada Dinas/Instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku, biaya pajak iuran Eksplorasi, iuran tetap, royalty fee, retribusi Desa - Kecamatan - Kabupaten/Provinsi termasuk bantuan social dibidang Agama, Pendidikan, Olah raga, dan sumbangan untuk kepentingan Aparat Tingkat Desa Kecamatan dan Kabupaten. Semua biaya biaya menjadi beban dalam operasional produksi. PASAL 11 PIHAK PERTAMA & PIHAK KEDUA menanggung biaya UPUKL dan ganti rugi tanaman ditanah masyarakat wilayah IUP sesuai NJOP yang berlaku pada saat itu dan wajib memberi kesejahteraan kepada Karyawan dan Karyawati sesuai ketentuan yang berlaku. Menjadi beban biaya operasional produksi. Demikian Agreement ini dibuat secara sehat Jasmani dan Rohani tanpa ada paksaan dari pihak manapun telah dibaca secara bersama - sama dan ditandatangani bermaterai

6.000 dihadaan saksi: Sdr. SAMSUDIN guna mendapatkan kekuatan Hukum yang sama dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

PIHAK PERTAMA Ketua, Sekretaris,

PIHAK KEDUA Chairman

RASAEDAH YESAYA SALEPPANG

PETER T.T. LIM (Lira Tsung Ttaiam)

SAKSI:

SAMSUDIN

MOHAMED MYDEIN