You are on page 1of 9

Jenis jenis mesin CNC cara pengerjaannya

3-5-axis-cnc-milling machine

pengerjaanya

3d-cnc-milling-machine

cnc-double-six-spindle-machine

cnc-machine-for-machining-high-precision-mold

multi-axis-high-speed-cnc-machining-center

PERKEMBANGAN MESIN CNC (Computerized Numerical Control)


Pesatnya kemajuan industri serta meluasnya perkembangan infra-struktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif.Serta keterbatasan jumlah pakar yang ada dan banyaknya pekerjaanpekerjaan yang harus diselesaikan oleh para pakar merupakan kendala yang cukup berarti dalam rangka mengembangkan pelatihan pengoperasian dan perancangan produk.Maka dalammenghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini maka ATMI (Akademi Teknik Mesin Industri) mengembangkan teknologi terintegrasi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan industri di Indonesia. Pengembangan yang direncanakan pada teknologi terintegrasi meliputi Medical Technology, CNC Technology dan Renewable Energy.Dimana teknologi tersebut menggunakan computer sebagai perangkatnya. APLIKASI komputer telah memasuki semua segi kegiatan manusia, mulai dari teknologi hingga bidang-bidang sosial. Perkembangan teknologi dewasa ini pun dipacu secara langsung oleh kemajuan teknologi komputer yang begitu pesat. Dr Ir Wahidin Wahab MSc, peneliti pada Departemen Elektro Universitas Indonesia (UI) Jakarta, pada dalam diskusi Teknologi Industri di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, beberapa waktu lalu, mengatakan, dalam industri manufaktur, komputer telah mengubah mesin-mesin sederhana yang dioperasikan oleh operator, menjadi mesinmesin otomatis canggih dengan ketelitian dan kemampuan ulang yang tinggi. "Tentu saja teknologi komputer yang diaplikasikan mesti didukung oleh sensor-sensor yang sesuai. Sehingga betul-betul bisa mengurangi ketergantungan kepada keahlian dan ketelitian manusiawi operator," ujarnya. Komponen utama dalam sistem manufaktur modern, terdiri dari mesin-mesin otomatis yang banyak dikenal sebagai mesin Computerized Numerical Control (CNC), yang dapat

diprogram secara visual. CNC dilengkapi perangkat lunak canggih membentuk sistem Computer Aided Design - Computer Aided Manufacturing (CAD-CAM).

"Sistem ini memungkinkan bentuk dan proses benda kerja dapat terlebih dahulu dirancang dalam suatu komputer secara visual. Sehingga benda kerja dapat ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi, dengan sudut pandang dari segala arah," terangnya. Keterbatasan jumlah pakar yang ada dan banyaknya pekerjaanpekerjaan yang harus diselesaikan oleh para pakar merupakan kendala yang cukup berarti dalam rangka mengembangkan pelatihan pengoperasian dan perancangan produk pada mesin CNC TU 2A. Dengan mengembangkan suatu perangicat lunak sistem pakar untuk perancangan produk pads mesin CNC TU 2A yang dimiliki laboratorium CNC bidang studi Teknik Produksi Jurusan Teknik Mesin ITS ini, diharapkan dapat mengatasi keterbatasan waktu yang dimiliki para pakar. Dalam implementasinya Sistem pakar yang dikembangkan terdiri Bari sistem pemrograman absolut dan sistem pemrograman inkremental yang secara keseluruhan terdiri dari 268 kaidah produksi dan 1531 fakta. Dengan melakukan persiapan kompensasi pahat (tools Compensation), pergeseran posisi (position shift offset), simulasi program ( running test ) dan proses pemesinan dengan benar, maka akan diperoleh waktu potong efektif, uinur pahat ekonomis, biaya total per produk untuk 1 shift maupun untuk 2 shift dan tingkat kekasaran permukaan produk yang dihasilkan.

Dalam study kasus 1 dengan membuat produk sejenis "Queen" dengan pemrograman sistem absolut diperoleh waktu potong efektif total 15.23 menit dengan angka kelas kekasaran pennukaan terletak pada N4 dan N5, sedangkan pads study kasus 2 dengan membuat produk sejenis "Castle" dengan pemrograman sistem inkremental diperoleh waktu potong efektif total sebesar 8.91 menit dengan angka kelas kekasaran permukaan pads N5. Dengan diketahuinya waktu potong efektif ini maka variabelvariabel lain dapat ditentukan. Prototipe sistem pakar ini diharapkan dapat membantu para teknisi dan para peserta pelatihan dalam persiapan pengoperasian dan perancangan produk pads mesin CNC TU 2A. Sistem pakar ini masih dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan perkembangan dan penambahan keahlian pars pakar.

Ketelitian mesin-mesin manufaktur tersebut sangat tergantung kepada sensor-sensor dan aktuator yang digunakan, serta kemampuan sistem pengendalian yang digunakan untuk mengendalikan mesin. Sistem tersebut sering dikenal dengan nama Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). Sistem itu menggunakan perangkat lunak pengendali dengan berbagai fasilitas berteknologi tinggi, memanfaatkan algoritma pengendalian berbasis pengetahuan dan inferensi. Sehingga disebut pula sebagai sistem kendali cerdas (intelligent control system).

Perkembangan sistem cerdas, menurutnya, berawal dari keinginan untuk membuat mesin yang mampu menirukan otak manusia. Saat itulah kecerdasan tiruan (artificial intelligence) mulai dikembangkan. Dengan demikian, campur tangan langsung manusia dalam menangani suatu sistem, dapat dikurangi sedikit demi sedikit. "Kecerdasan tiruan merupakan suatu ilmu pengetahuan atau sains yang membuat sebuah mesin melakukan sesuatu yang membutuhkan kecerdasan manusia. Secara praktis, kecerdasan tiruan ini didefinisikan sebagai mekanisasi atau duplikasi dari proses berfikir manusia," tuturnya. Dari kelompok non-mobile yang sering disebut sebagai keluarga robot adalah robot arm atau manipulator saja. Sementara yang lebih mudah dikenali sebagai mesin cerdas (intelligent machine) yang tidak selalu tampak memiliki bagian tangan, kaki atau roda untuk bergerak lebih lazim disebut dengan nama khusus sesuai fungsinya. Mereka biasanya memiliki nama-nama yang tersendiri. Misalnya mesin-mesin otomatis Lathe, Milling, Drilling Machine, CNC (Computer Numerical Control) Machine, EDM (Electric Discharge Machine), dan berbagai peralatan otomatis yang biasa dijumpai di pabrik-pabrik modern. Misalnya Kendala yang sering terjadi dengan permintaan produksi benda kerja yang menggunakan ulir luar adalah penentuan biaya proses produksinya. Berbagai macam bentuk pemesinan harus dihitung dengan biaya yang berbeda pula. Dari hal tersebut maka perhitungan secara manual tidak praktis disamping membutuhkan waktu yang lama dan ketidakakuratan dalam penentuan biaya proses produksi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuat program komputer (Software) yang dapat menganalisa benda kerja yang digambar dengan program AutoCad untuk menentukan biaya proses produksi yang ditimbulkan oleh mesin bubut CNC (Computer Numerical Control). Dari pembahasan tersebut diharapkan dengan benda kerja yang digambar dengan program AutoCad dapat dihitung biaya total proses produksi dengan cepat dan akurat. Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuah mesin serba guna dalam industri metal) sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual.maka

dengan mesin CNC yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya saja. Baru-baru ini telah muncul mesin CNC yaitu CNC tipe MT 253 yaitu mesin multiguna yang sepenuhnya dikontrol oleh komputer sehingga menghasilkan presisi yang tinggi. Selain itu keunggulan mesin CNC ini mampu menjalankan beberapa fungsi sekaligus tanpa melakukan set up ulang, baik fungsi bubut, milling, drilling, maupun fungsi lainnya.