You are on page 1of 5

E-Government,E-Learning,E-Environment,dan EEmployement

Pada artikel kali ini, saya akan membahas beberapa contoh web yang dibagi berdasarkan kategori nya masing-masing.Dan yang saya akan bahas tentang E-Government, E-Learning, EScience. Langsung saja mulai membahas tentang jenis-jenis web tersebut beserta contoh, kelebihan, dan kekurangan nya. 1. E-Goverment. Contoh Web E-Government yaitu: http://pde.sragenkab.go.id/ E-Government yang juga disebut e-gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta halhal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari egovernment adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik. Kelebihan dari E-Government : - E-Government (E-Gov) lebih hemat dan dapat meningkatkan PAD bagi daerah yang menerapkan. - Menciptakan pemerintahan yang lebih terbuka, karena program pemerintah akan di share melalui website. Kekurangan dari E-Goverment : - Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan dari web E-Government
CONTOH WEBSITE E - GOVERNMENT http://www.kotapekalongan.go.id/index.php A. Penjelasan pemerintahan yang dijalankan:

Kota Pekalongan mewujudkan e-Goverment pada tahun 2008 sehingga terciptalah website http://www.kotapekalongan.go.id Dengan demikian, pemerintah bisa memberikan informasi secara transparan kepada masyarakat sehingga diharapkan pemkot lebih transparan. Segala informasi dari Pemkot bisa dibaca dan diketahui oleh masyarakat melalui internet. B. Kelebihan : - Menampilkan berita dan informasi pemkot secara transparan http://www.e-govaceh.info/dokumentasi/e-goverment.html# A. Penjelasan pemerintahan yang dijalankan:

Egovindonesia.com ~ E-Government menjadi topik populer setelah dihubungkan dengan otonomi daerah. Hampir setiap daerah mencoba mengimplementasikannya dengan caranya masing-masing. Pada prinsipnya E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah dan pihak-pihak lain, baik terhadap masyarakat, kalangan bisnis maupun sesama pemerintah, sehingga munculah istilah-istilah baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency relationship). Teknologi informasi khususnya web dan email hanyalah sebatas tools, namun yang terpenting dari e-government adalah perubahan paradigma, dari Government Centric menuju Customer Centric sehingga layanan-layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Demikian juga media akses (PC, Mobile Phone, PDA dll) ataupun tempat akses (Kantor, Kampus, Fasilitas Pemerintah, Warnet, Warintek, dll) yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.
B. Kelebihan :

Layanan yang terintegrasi dapat dipilah dalam tiga level, yaitu Informasi, Interaksi dan Transaksi. Dalam level informasi, pemerintah secara transparan mempublish ke website segala macam kebijakan, prosedur, aturan perundangan, aktifitas pemerintahan dan lain sebagainya. Pada level Interaksi antara pemerintah dan masyarakat dapat melakukan komunikasi dua arah melalui media web maupun email, sebagai upaya mengikutsertakan masyarakat dalam proses pembangunan daerah, tentunya hal ini sangat sejalan dengan semangat otonomi daerah. Sedangkan pada level Transaksi, pemerintah mengikutsertakan masyarakat secara terbuka untuk bertransaksi dengan pemerintah, misalnya dalam hal lelang maupun tender online, lebih jauh lagi pemerintah dapat memfasilitasi masyarakat dengan investor untuk melakukan kegiatan ebusiness.

2. E-Learning Contoh web E-Learning yaitu: http://e-pembelajaran.com/ E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. Untuk menyampaikan pembelajaran, e-learning selalu diidentikkan dengan penggunaan internet. Namun sebenarnya media penyampaian sangat beragam dari internet, intranet, cd, dvd, mp3, PDA, dan lain-lain. Penggunaan teknologi internet pada e-learningumumnya dengan pertimbangan memiliki jangkauan yang luas. Ada juga beberapa lembaga pendidikan dan perusahaan yang menggunakan jaringan intranet sebagai media e-learningsehingga biaya yang disiapkan relatif lebih murah.

Kelebihan dari E-Learning:


menghemat waktu proses belajar mengajar mengurangi biaya perjalanan menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku) menjangkau wilayah geografis yang lebih luas melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Kekurangan dari E-Learning: - kemungkinan adanya kecurangan, plagiasi, dan pelanggaran hak cipta.
Contoh Situs E-Learning

Sebelum saya memberikan beberapa contoh situs elearning, ada baiknya saya jelaskan dengan singkat apa itu E-Learning. E-Learning menurut saya sebuah metode belajar yang memanfaatkan teknologi komputer dan internet. Dengan elearning, pelajar dan pengajar tidak perlu harus bertatap muka secara langsung untuk bisa memulai perkuliahan. Elearning bisa juga di artikan sebagai kuliah online.

Contoh Situs Elearning : Elearning Universitas Mercubuana http://elearning.mercubuana.ac.id/

Sistem pembelajaran e-Learning dilakukan dengan pertemuan di ruang kelas (tatap muka) sebanyak 5 kali , dan tidak terbatas ruang dan waktu melalui internet sebanyak 9 kali pertemuan, 1 kali Ujian Tengah Semester (UTS) dan 1 kali Ujian Akhir Semester (UAS). Untuk info lebih jauh tentang tata cara sistem pembelajaran e-Learning di UMB, silahkan di download Kebijakan_eLearning_2010_1_.pdf Elearning Center http://elearning.gunadarma.ac.id/

Ilmu Komputer http://ilmukomputer.org

IlmuKomputer.Com adalah komunitas eLearning yang membagi literatur dan materi kuliah secara bebas dan gratis di bidang computing alias ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia. Misi utama kami adalah mengambil bagian dalam usaha mencerdaskan anak bangsa, terutama dalam pendidikan ilmu komputer (computing). Materi gratis dengan Lisensi Open Content tersedia dalam format PDF yang bebas untuk didownload. Tersedia juga versi offline dalam bentuk CD untuk yang kesulitan mangakses situs ini secara online. Selengkapnya, silahkan download versi document nya.

Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan. Kelebihan dari E-Environment: - Bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di negara ini. Kekurangan dari E-Environment: - Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan dari web E-Government