You are on page 1of 1

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil Percobaan 1. Maltosa + - naftol + H2SO4 larutan berwarna ungu 2. Laktosa + - naftol + H2SO4 larutan berwarna ungu 3. Fruktosa + - naftol + H2SO4 larutan berwarna ungu

4.2 Pembahasan Percobaan ini dilakukan dengan cara memasukkan ketiga sampel (maltosa, laktosa dan fruktosa) ke dalam tabung reaksi. Kemudian ditambahkan 2 tetes larutan - naftol dan 5 tetes H2SO4 melalui dinding tabung reaksi. Setelah diamati, ketiga sampel tersebut mengalami perubahan warna menjadi ungu, yang menandakan adanya karbohidrat. Uji yang dilakukan dalam percobaan ini adalah uji Molisch. Uji molisch adalah uji kimia kualitatif untuk mengetahui adanya karbohidrat. Uji ini didasari oleh reaksi dehidrasi karbohidrat oleh asam sulfat membentuk cincin furfural yang berwarna ungu. Reaksi positif ditandai dengan munculnya cincin ungu di purmukaan antara lapisan asam dan lapisan sampel (Bangkit, dkk., 2011).

Gambar 4.1 Reaksi Uji Molisch (Bangkit, dkk., 2011) Dari hasil percobaan yang diperoleh, telah sesuai dengan teori yang ada.