You are on page 1of 6

Sekar Wisma Wiridiana 10/299922/PA/13074

Pengolahan Data Seismik SEG-Y 2D


Pengolahan Data Seismik dengan tipe data SEG-Y dapat dilakukan dengan perangkat lunak Hampson and Russel (HRS). Untuk memulai pengolahan data, pertama-tama dilakukan loading data dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1. 2. 3. 4. Membuka Software (perangkat lunak) HRS Membuat Project baru dengan cara klik Project pada toolbar bagian atas window Kemudian klik new project, dan memilih folder tempat project tersebut akan disimpan Setelah pembuatan project, dilakukan penginputan data dengan klik file (pada toolbar bagian atas window), kemuadian pilih Open Seismic kemudian pilih from SEGY file 5. Memilih data seismik mana yang akan kita input pada HRS 6. Kemudian, setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, pada window HRS akan memunculkan data seismik tersebut, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

Gambar 1.1 Trace Data 3

Setelah data berhasil di input, langkah prosesing selanjutnya adalah melakukan picking horizon. Picking data dilakukan pada time sekitar kurang lebih 1000 pada peak. Picking data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Sekar Wisma Wiridiana 10/299922/PA/13074 1. Klik Horizon yang berada pada toolbar sebelah kiri window

2. Kemudian pilih Picking Horizon 3. Setelah itu, akan muncul window sebagai berikut :

Gambar 1.2 Horizon Selection Menu

Sekar Wisma Wiridiana 10/299922/PA/13074 4. Pilih Pick New Horizon kemudian klik OK 5. Setelah langkah tersebut, kemudian pada layar akan muncul window sebagai berikut :

Gambar 1.3 toolbar picking horizon

Melalui window tersebut, kita dapat melakukan smoothing dan juga dapat mengkontrol picking yang kita lakukan dengan menampilkan Horizon melalui pilihan Display Horizon. Untuk menu picking sendiri, juga terdapat Automatic Picking, yaitu Software akan otomatis mempick peak atau trough sesuai keinginan kita. Tetapi pada picking otomatis juga terdapat beberapa kelemahan, diantaranya saat picking pada daerah dengan wiggle bercabang. Maka dari itu, saya memilih untuk melakukan picking manual. Dan didapatkan horizon seperti gambar dibawah ini :

Gambar 1.4 Actual Pick Window

Sekar Wisma Wiridiana 10/299922/PA/13074 Setelah picking selesai dilakukan, kemudian akan diplot menggunakan program surfer, kontur waktu, dan berbagai atribut dengan x sebagai ordinat, y sebagai absis, dan z sebagai nilai waktu (time) atau berbagai macam atribut yang kita gunakan. Untuk memudahkan dalam pembuatan kontur pada surfer, kita dapat meng-export data berupa nilai koordinat x y dan juga nilai vaue (time). Setelah ketiga parameter tersebut diplot menggunakan surfer, akan menghasilkan kontur sebagai berikut :

Gambar 1.5 Time Contur of Horizon at line 1,2,3, and 4

Sekar Wisma Wiridiana 10/299922/PA/13074 Kemudian, dibuat pula kontur amplitude untuk horizon pada line 1, line 2, line 3, line 4. Didapatkan hasil sebagai berikut :

Gambar 1.6 Amplitude contur of horizon at line 1, 2, 3, and 4

Selain membuat kontur waktu dan amplitude, dibuat pula kontur untuk atribut seismik. Pada kali ini, saya membuat atribut amplitude envelope yang menghasilkan data sebagai berikut :

Gambar 1.7 Attribute Seismic Amplitude Envelope

Sekar Wisma Wiridiana 10/299922/PA/13074 Dan dibuat pula kontur untuk nilai amplitude envelope sebagai berikut : 1. Untuk Horizon pada line 1 dan 2

Gambar 1.8 Amplitude Envelope Contour of Horizon at line 1 and 2

2. Untuk Horizon pada line 1, 2, 3, 4