You are on page 1of 27

KEPANITRAAN KLINIK STASE THT RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA

Hidung luar berbentuk piramid dengan bagian-bagiannya dari atas ke bawah :


Pangkal hidung (bridge)

Dorsum nasi
Puncak hidung (tip) Ala nasi

Kolumela
Lubang hidung (nares anterior)

1. 2. 3.

Kerangka tulang terdiri dari tulang hidung (os nasal) prosesus frontalis os maksila prosesus nasalis os frontal

1.

2.

3.

kerangka tulang rawan terdiri dari sepasang kartilago nasalis lateralis superior sepasang kartilago nasalis lateralis inferior tepi anterior kartilago septum

Infundibulum ethmoid Perkembangan infundibulum mendahului sinus. Dibentuk oleh struktur yang kompleks. Dinding anterior dibentuk oleh processus uncinatus, dinding medial dibentuk oleh processus frontalis os maxila dan lamina papyracea.

Prosesus uncinatus Merupakan sebuah lamina yang melengkung pada os etmoid, yang menjorok kebawah dan kebelakang dan dibentuk oleh bagian kecil dari dinding medial sinus maxilaris, dan dihubungkan dengan processus etmoid dari konka nasal inferior.

Reseus frontalis Merupakan ruang antara sinus frontalis dan hiatus semilunaris yang menuju ke aliran sinus. Bagian anterior dibatasi oleh sel ager nasi, superior oleh sinus fronatalis, medial oleh konka medial dan bagian lateral oleh lamina papyracea.

Bula ethmoid Terletak diatas infundibulum dan permukaan lateral/ inferiornya, dan tepi superior procesus uncinatus membentuk hiatus semilunaris. Ini merupakan sel etmoid anterior terbesar. Arteri etmoid anterior menyilang terhadap atap sel ini.

Sel-sel ethmoid anterior Sel dibagian anterior menuju lamella basal. Pengalirannya ke meatus medial melalui infundibulum etmoid. Termasuk sel ager nasi, bulla etmoid dan sel-sel anterior lainnya.

Fungsi respirasi Fungsi penghidu Fungsi fonetik Refleks nasal

1.
2. 3. 4. 5. 6.

Sebagai pengatur kondisi udara (airconditioning) Sebagai penahan suhu (thermal insulators) Membantu keseimbangan kepala Membantu resonansi suara Sebagai peredam perubahan tekanan udara Membantu produksi mukus