You are on page 1of 1

natomi Dan Fisiologi Jantung

Add Comment Kesehatan Jantung

Fungsi organ jantung dalam tubuh kita adalah begitu besar. Karena memang jantung adalah salah satu bagian vital yang memegang peranan penting dalam peredaran darah manusia itu sendiri. Dan salah satu fungsi manfaat jantung adalah sebagai alat pemompa darah untuk diedarkan keseluruhan bagian organ tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan oleh organ paru-paru kita. Untuk itulah pentingnya kita mengenal akan anatomi fisiologi jantung yang ada dalam tubuh kita sendiri dan hal ini akan bisa meningkatkan rasa syukur kita atas nikmat Allah Ta'ala kepada kita semuanya.

Cara kerja jantung adalah sangat penting untuk dijaga kesehatannya, karena bila mengalami gangguan pada jantung akan banyak berefek kepada organ-organ lain di dalam tubuh kita. Karena masing-masing organ tubuh saling berkaitan satu sama lain. Dengan mengetahui serta memahami akan anatomi dan fisologi jantung dengan jantung kita benar akan juga membantu kita tentunya. dalam menjaga kesehatan

Anatomi fisiologi jantung ini akan diawali dengan letak jantung itu sendiri. Letak jantung kita adalah terdapat dalam rongga dada manusia. Tepatnya adalah di atas diafragma. Dan organ yang satu ini terbungkus oleh apa yang dinamakan dengan selaput jantung (lapisan jantung) yang disebut dengan perikardium. Pericardium ini terbagi menjadi dua yaitu pericardium viseralis dan parietalis. Parietalis yaitu lapisan jantung yang melekat pada tulang dada dan selaput paru. Sedangkan perikardium Viseralis adalah lapisan jantung itu sendiri. Berat organ jantung adalah berkisar 250-300 gram dan ukuran jantung adalah sebesar kepalan tangan. Ini adalah kurang lebih dari pengertian jantung itu sendiri.