You are on page 1of 3

ABSTRAK

Pranata, Mardiansya. 2014.Rancang Bangun Bahan Ajar Cetak Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X SMKN 6 Malang, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Puger Honggowijyono, M.T. (II) Heru Wahyu Herwanto S.T., M.Kom

Kata Kunci:

Pemograman dasar, bahan ajar, modul cetak, fasilitator.

Pemograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran di SMKN 6 Malng khusunya program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran pemograman dasar, selama ini dalam pembelajaran siswa hanya berpusat terhadap guru tanpa memiliki buku pegangan khusus. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam mengembangkan ilmunya. Penggunaan bahan ajar berupa modul cetak sebagai sarana fasilitator antara pengajar dan peserta didik sangat dibutuhkan agar tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Berdasarkan kenyataan tersebut makan penulis bermaksud rancang bangun bahan ajar mata pelajaran pemograman dasar berupa modul cetak. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model rancang bangun Pusdiklat (Depdiknas). Model rancang bangun ini terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analisis kebutuhan bahan ajar; (2) Strategi pendekatan; (3) penyusunan Modul; (4) Pelaksanaan; (5) Evaluasi Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar mata pelajaran pemograman dasar berupa modul cetak. Nantinya bahan ajar berupa modul cetak ini terbgai menjadi dua, yaitu: (1) Modul cetak untuk pengajar; (2) Modul cetak untuk peserta didik.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan rahmat-Nya, maka penulis dapat menyelesaikan Proposal Skripsi dengan judul Rancang Bangun Bahan Ajar Cetak Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X SMKN 6 Malang. Penyusunan proposal ini merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh untuk pengambilan mata kuliah skripsi dalam rangka menyelesaikan Program Studi Sarjana Strata Satu (S1) Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Penulisan Proposal Skripsi ini dapat diseleseikan berkat bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada: 1. Drs. Puger Honggowijyono, M.T. selaku Pembimbing I yang telah banyak memberikan bimbingan, saran dan masukan selama penulisan proposal skripsi. 2. Heru Wahyu Herwanto S.T., M.Kom. selaku Pembimbing II yang telah banyak memberikan bimbingan, saran dan masukan selama penulisan proposal skripsi. 3. Drs. Slamet Wibawanto, M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang telah memberikan persetujuan kepada penulis untuk melaksanakan proposal skripsi ini. 4. Kepada orang tua yang telah memberikan motivasi, doa dan berbagai dukungan untuk kelancaran pembuatan proposal skripsi ini. 5. Teman-teman yang membantu dan mendukung dalam proses penyusunan proposal skripsi ini.

ii

6. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah memberikan bantuan dalam penyusunan proposal skripsi ini. Penulis sadar dalam menyusun proposal skripsi ini masih jauh dari sempuna. Oleh karena itu, penulis senantiasa mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca.

Malang, Februari 2014

Penulis

iii