You are on page 1of 3

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Usaha Mempertahankan Kemerdekaan

Kelompok 3 : Fikri M.I., Arif S., Ganda W.S., Rizky D.M., M. Adnan A.

1. Teni H. Kelompok 4 Apa saja isi dari persetujuan Konferensi Meja Bundar tanggal 2 November 1949? 1. Belanda mengakui kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir bulan Desember 1949. 2. Mengenai Irian Barat penyelesaiannya ditunda satu tahun setelah pengakuan kedaulatan. 3. Antara RIS dan kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia - Belanda yang akan diketuai Ratu Belanda. 4. Segera akan dilakukan penarikan mundur seluruh tentara Belanda. 5. Pembentukan Angkatan Perang RIS (APRIS) dengan TNI sebagai intinya. 2. Aldo L.F. Kelompok 1 Apa yang dimaksud Ad Interim Federal? Ad Interim Federal adalah suatu pemerintahan Federal yang bersifat sementara. 3. Yunia K. Kelompok 4 Faktor-Faktor Apa sajakah yang mempengaruhi terjadinya konflik antara Indonesia-Belanda Setelah Proklamasi? 1. Kedatangan Tentara Sekutu Diboncengi oleh NICA 2. Kedatangan Belanda (NICA) Berupaya untuk Menegakkan Kembali Kekuasaannya di Indonesia 4. Audhia T. Kelompok 2 Apa saja 3 divisi AFNEI? 1. Divisi India ke-23, di bawah pimpinan Mayor Jendral D.C. Hawthorn yang bertugas untuk daerah Jawa Barat; 2. Divisi India ke-5, di bawah pimpinan Mayor Jenderal E.C. Marsergh yang bertugas untuk daerah Jawa Timur; 3. Divisi India ke-26, di bawah pimpinan Mayor Jenderal H.M. Chambers yang bertugas untuk daerah Sumatra.

5. Hazna N.N. Kelompok 2 Kapan dilaksanakannya Konferensi Asia ? dan apa isi resolusinya? Pada Tanggal 20-23 Januari 1949 Di New Delhi, Isi resolusinya :

a. Pengembalian Pemerintah Republik Indonesia ke Yogyakarta. b. Pembentukan perintah ad interim yang mempunyai kemerdekaan dalam politik luar negeri, sebelum tanggal 15 Maret 1949; c. Penarikan tentara Belanda dari seluruh Indonesia d. Penyerahan kedaulatan kepada pemerintah Indonesia Serikat paling lambat pada tanggal 1 Januari 1950

6. Thalia W. Kelompok 4 Sebutkan Tugas AFNEI Indonesia!

a. Pengembalian Pemerintah Republik Indonesia ke Yogyakarta. b. Pembentukan perintah ad interim yang mempunyai kemerdekaan dalam politik luar negeri, sebelum tanggal 15 Maret 1949; c. Penarikan tentara Belanda dari seluruh Indonesia d. Penyerahan kedaulatan kepada pemerintah Indonesia Serikat paling lambat pada tanggal 1 Januari 1950
7. Ihfa N. Kelompok 4 Kapan pasukan AFNEI mendarat di Jakarta? 29 September 1945 8. Anggia T. Kelompok 4 Jelaskan yang dimaksud dengan pemerintahan federal? system pusat dan pemerintahan lokal yang bergabung dibawah kedaulatan bersama, keduanya merupakan pemerintahan tertinggi didalam lingkungan yang telah ditentukan, keduanya diputuskan oleh konstitusi secara umum atau aksi dari parlemen dimana melahirkan system tersebut. 9. Sari N. H. Kelompok ? Apa Persetujuan Linggar Jati ? suatu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi kedua negara pada 25 Maret 1947. Isi dari Perundingan tersebut adalah: 1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura. 2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949. 3. Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk negara RIS. 4. Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth /Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala uni. 10. M. Iqbal F. Kelompok 1 Apa yang dimaksud dengan NICA?

Netherland Indies Civil Administration (NICA), yakni pegawai-pegawai sipil Belanda maka bangsa Indonesia curiga dan akhirnya menimbulkan permusuhan.
11. Nadya S.S. Kelompok 4 Sebutkan Faktor Faktor yang menyebabkan konflik antara Indonesia dan Belanda! 1. Kedatangan Tentara Sekutu Diboncengi oleh NICA 2. Kedatangan Belanda (NICA) Berupaya untuk Menegakkan Kembali Kekuasaannya di Indonesia 12. Aneu D.A. Kelompok 2 Peran konferensi Asia dan Resolusi dewan PBB. Isi Resolusinya:

a. Pengembalian Pemerintah Republik Indonesia ke Yogyakarta. b. Pembentukan perintah ad interim yang mempunyai kemerdekaan dalam politik luar

negeri, sebelum tanggal 15 Maret 1949; c. Penarikan tentara Belanda dari seluruh Indonesia d. Penyerahan kedaulatan kepada pemerintah Indonesia Serikat paling lambat pada tanggal 1 Januari 1950.
13. Ari N. Kelompok 1

Apa yang dimaksud pemerintahan de facto? Sebuah pengakuan pemerintahan berdasarkan fakta atau kejadian sebenarnya.
14. Nurkhofifah Kelompok 2 Apa tugas tugas AFNEI ?

1. menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang; 2. membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu; 3. melucuti dan mengumpulkan orang Jepang untuk kemudian dipulangkan; 4. menegakkan dan mempertahankan keadaan damai untuk kemudian diserahkan kepada pemerintah sipil; dan 5. menghimpun keterangan dan menuntut penjahat perang.