You are on page 1of 3

PERLOMBAAN ANTAR BIDANG SEMALEM RESORT.

JUDUL : OPERA LANAMON (LANTAI 6 MONETER)

Record : EKMON PRODUCTION MEMPERSEMBAHKAN OPERA LANAMON (LANTAI 6 MONETER) MARILAH KITA SAMBUT DALANG LANAMON PARTO ALAM (BACKSOUND: LAGU ILOVE U BIBEH)

OBROLAN MASYARAKAT (butet langsung duduk diposisi seperti penjual di pasar tradisional ) (custom menyesuaikan) Butet duduk dan ponija masuk diiring lagu (alay) setelah habis lagu langsung menghampiri butet Ponija Butet Ponija : butet cabe neh sekilo yoooo..... piro..? : cabe mahal dari 10rb sekarang 30rb..... : (gubrak) (ekspresi terkejut dan kesal). Opo.........? opo......... opo......... (gaya lebay) yo larang toh.... oala tet... tet..... kog namba penderitaan aja.. bukan gaji yang naik mala cabe yang naek. Nasibnasib. Masuk lagu dmasiv ( jangan menyerah) dibawakan oleh aktor viguran.

Dalang ....... (Secara langsung) Petani tuntung: Enak juga ya kalo tiap hari makan enak lai..... cemana kau... rasa....? Lai : weleh... weleh..... lumayan. Kapan lagi kita bisa makan enak kayak gini. Kalo aja tiap hari harga cabe naik, bisa beli kapal terbang kita.

Istri petani tuntung Atik : pak.... pak..... ngomongi kapal terbang. Anak dulu diberesin kita yang kaya orang yang menderita gak bisa beli cabe!.

Petani tuntung : biarlah yang penting kita kaya..... (lagu I wanna be rich, semua berjoged sambil keluar panggung)

Beralih kedalang cerita tentang pengaduan....

Masuk lagu (...................................) Samsir atorf : saya mendapatkan cerita dari masyarakat dan dari hasil survey yang diterima dari lanamon bahwa harga cabe naik menyolot, bagaimana dari badan pusar statistika.? Bps : Benul pak.... eh... maaf maksud saya betul pak samser atorf, menurut berita yang gak resmi dari badan pusar statistika, bahwasanya dibulan yang lalu memang terjadi kenaikan harga cabe yang tinggi sehingga terjadi inkubasi.... lah.. salah . maksud inflasi yang mencapai angka 1,2345678... loh....?

Samsir atorf : wah.......,kalo begitu serius itu. Dan tinggi itu. Kalau pak mika bagaimana usulan solusi yang ilmiah untuk mengatasi kenaikan harga yang terjadi.

Pak mika

: begini pak menurut riset yang kami lakukan ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan harga cabai. Yang pertama kita tidak perlu makan cabe tapi konsekuensinya petani rugi karena cabe tidak laku.

Yang kedua meningkatkan tingkat produksi dengan begitu harga akan merosot tapi petani tidak akan rugi. Kita sudah punya usulan klaster cabe untuk meningkatkan produksi cabai. Bagaimana bu suti. Ibu suti : kita sudah punya program intensifikasi produksi cabe dari aspek buahnya, daunnya, batangnya, juga akarnya. Pokoknya terserah bapak mau yang mana.

Samsir atorf : kalau begitu mulai besok kita buat klaster cabe untuk menekan harga......

Dalang ................................................

Petani tuntung : wuaaaaah........ berkat bimbingan bank indonusa panen kita melimpah ruah Lai : iya jadi juga kita beli kapal terbang..

Ponija : enak ya pak cabe banyak harganya pun murah. Petani : petani senang...butet senang.... : pedagang senang.... ponija : rakyat pun

Semua keluar menari bersama. (