You are on page 1of 3

Pengemasan minuman dengan wadah aluminium harus diberi pelapis, yaitu epoksivinil atau epoksi jernih untuk bird

an epoksivinil atau vinil organosol untuk minuman ringan atau minuman ringan atau minuman berkarbonasi. Pengemasan the dengan aluminium yang tidak diberi lapis dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna dan flavor.

(Gambar 5. Produk minuman yang dikemas menggunakan aluminium foil) Metode penutupan container dari alufo Standard seal : penutupan standar menggunakan alufo atau pvc diseluruh permukaan container Serrated seal : seperti standard seal, tapi terdapat cekungan yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan Metode penutupan container dari alufo Hooded seal : foil ttutupan ke seluruh permukaan container sampai ngaian bawah container yang melengkung Heat sealing : Foil dilapisi bahan sealer atau film plastic, kemudian perlakuan panas untuk merekatkannya 2.5. Mesin untuk kemasan Aluminium foil

(Gambar 6. Mesin untuk kemasan aluminium foil (hand sealer)) Hand sealer Adalah mesin pengemas yang pengoperasiannya menggunakan tangan. Mesin ini bias digunakan untuk mem-packing aneka produk dalam kemasan plastic, bahkan untuk mengemas dengan aluminium foil mesin ini cukup efektif. Mesin ini biasanya dipakai oleh home industri dengan beragam produk (produk makanan, obat, dll) yang dikemas dalam kantong plastik maupun aluminium foil. Selain itu juga terdapat mesin Foot Sealer Mesin Foot Sealer Adalah mesin pengemas/sealer aluminium foil dan plastic yang pengoperasiannya menggunakan kaki. Hasil press atau sealer mesin ini sangat maksimal. Mesin sealer ini sangat cocok untuk semua usaha yang produknya dikemas dalam kemasan aluminium foil dan plastic cocok untuk usaha menengah ke atas (Inkuiri, 2011). Mesin Continuous Sealer Adalah mesin sealer plastik dana aluminium foil yang continue atau bersambung terus dan kecepatannya juga bisa diatur sehingga dalam produksi akan lebih cepat dari mesin yang lain. Panjang sealer mesin ini tifak terbatas jadi anda bisa mengemas plastic sepanjang apapun (tidak terbatasI. Kelebihan mesin ini selain bisa continue juga bisa digunakan untuk member cetakan tanggal kadaluarsa dank ode produksi (Inkuiri, 2011). Mesin Blower Sealer Adalah mesin pengamasan dan langsung otomotis ditutup atau dimasukan udara didalam kemasannya, dan udaranya bisa diseting sesuai dengan kebutuhan. Biasa dipakai untuk mengemas makanan ringan yang renyah seperti snack, keripik, roti, dan lain-lain. Supaya makanan didalam kemasan tidak mudah rusak atau patah. Mesin Vacuum Sealer (Dz-300a) Adalah mesin pengemas dan langsung otomatis di vacuum atau dihilangkan udaranya (tidak ada udara lagi). Biasa dipakai untuk mengemas makan supaya tidak cepat rusak atau lebih awet dan bisa juga mengemas benda atau product agar kelihatan rapi (Inkuiri, 2011) Mesin Vacuum Sealer Portable (Dz-280a)

Adalah sama fungsinya seperti mesin vacuum type Dz-300a diatas yaitu mesin pengemas dan langsung otomatic di vacuum atau dihilangkan udaranya (tidak ada udara lagi) tapi bedanya mesin ini type portable. Cocok untuk ibu rumah tangga. Biasa dipakai untuk mengemas makanan supaya tidak cepat rusak atau lebih awet dan bisa juga mengemas benda atau produk anda biar kelihatan rapi (Inkuiri, 2011)