You are on page 1of 5

Lampiran 5

Bahan Ajar 5

Tayangan 5. Contoh Rangkuman Data Kualitatif


Tahap/Aspek
Kegiatan awal Apersepsi dan motivasi

Indikator

Refleksi diri
Setelah saya mengulang soal perkalian susun ke bawah cara panjang dan pendek yang terdiri dari 2 angka dengan 1 angka tanpa memindah, saya melihat masih banyak anak yang bingung. Untuk meyakinkan itu saya suruh beberapa anak ke depan mengerjakan soal lain. Ternyata mereka melakukan beberapa kesalahan. Saya mencoba merenung ada apa dengan pembelajaran saya?

Komentar pengamat 1
Pada saat guru menyururh siswa ke depan nanpaknya siswa melakukan kesalahan karena tidak memahami algoritma perkalian 2 bilangan cacah susun ke bawah dengan cara pendek. Setelah guru menjelaskan konsep dengan beberapa alat peraga saya sangat senang melihat antusias siswa nampaknya wajahnya sangat senang terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru. Respon siswa untuk menjawab pertanyaan apersepsi dan motivasi tidak terlalu banyak hanya ada beberapa yang siswa yang tidak mengerti tetapi ia tidak bertanya.

Komentar pengamat 2
Saya senang melihat pembelajaran guru dengan memakai kertas berpetak dan lidi. Siswa begitu aktif dan semangat ingin mencoba ke depan. Mereka berlari saling berebutan. Sayang sekali guru kurang memberi penghargaan kepada siswa yang mampu mengerjakan ke depan.

Hasil kerja siswa (qualitative)


Siswa melakukan pembelajaran dengan semangat, aktif, kreatif serta termotivasi untuk saling bekerja sehingga tidak ada anak yang tidak memperhatikan guru dan temannya.

1. Apa yang dilakukan


guru untuk menggali pengetahuan awal siswa tentang perkalian susun ke bawah dengan cara pendek?

2. Bagaimana respons siswa? Apakah siswa bertanya tentang sesuatu masalah terkait dengan apa yang disajikan guru pada kegiatan awal?

Saya melihat ada beberapa siswa yang tidak paham bertanya kepada teman sebangkunya. Hal itu tidak mendapat perhatian dari guru karena guru sibuk menjelaskan di depan kelas.

Tahap/Aspek
KEGIATAN INTI Materi ajar:

Indikator
3. Apakah guru memberikan penjelasan umum tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa?

Refleksi diri

Komentar pengamat 1
Pemberian informasi mengenai tujuan pelajaran oleh guru adalah baik, karena saya jarang melakukan hal ini. Siswa jadi tahu arah pembelajaran. Sebaiknya pada saat apersepsi guru jangan dulu menjelaskan tentang konsep perkalian tapi berilah dulu kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal. Dari situ baru guru memberi penjelasan. Guru sudah bagus memberi penjelasan tentang konsep yang akan diajarkan dihubungkan dengan kehidupan sehari hari sehingga siswa nampaknya tertarik dengan topik ini. Hal itu tidak pernah saya lakukan dalam pembelajaran di kelas. Guru menggunakan alat peraga sesuai dengan fungsi, kegunaan serta alat itu dapat meningkatkan

Komentar pengamat 2
Guru memberikan penjelasan tentang konsep yang akan diberikan dengan cara menghubungkan dalam kehidupan nyata. Resep dokter, belanja di pasar, Supermarket sehingga anak merasa senang dan tertarik dengan materi yang akan dijelaskan guru.

Hasil kerja siswa (qualitative)

4. Bagaimana keterkaitan antara pembelajaran dengan realita kehidupan, lingkungan dan pengetahuan lainnya?

Materi yang dibahas terkait dengan realita kehidupan sehari-hari. Siswa diajak untuk memikirkan apa gunanya kalau kita bisa menghitung perkalian. Guru menjelaskan gunanya konsep perkalian dalam kehidupan sehari hari.

Pengelolaan sumber belajar/media

5. Apakah guru terampil dalam memanfaatkan dan mampu memanipulasi media pembelajaran?

Penggunaan alat peraga lidi nampaknya lebih menyenangkan bagi siswa daripada dengan kertas berpetak. Hal ini terlihat

Tahap/Aspek

Indikator

Refleksi diri

Komentar pengamat 1
pemahaman siswa tentang konsep yang diberikan.

Komentar pengamat 2
dari sikap siswa yang lebih antusias dalam mengerjakan soal padahal guru begitu termpilnya menggunakan alat peraga keduanya. Siswa tidak canggung lagi menggunakan alat peraga yang diberikan. Mereka langsung meniru apa yang dilakukan oleh guru.

Hasil kerja siswa (qualitative)

6. Bagaimana interaksi

siswa dengan sumber belajar/media

Interaksi siswa dengan alat peraga yang diberikan sangat baik karena mungkin mereka sudah familiar dengan benda- benda yang diberikan. Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan RPP, yaitu memakai strategi/ pendekatan PAKEM dengan metode demonstrasi.

Strategi pembelajaran

7. Apakah proses pembelajaran dilaksanakan dengan strategi yang sesuai secara lancar?

Dengan pembelajaran melalui strategi/pendekatan PAKEM proses pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu siswa menjadi aktif. Langkah- langkah pembelajaran yang runtut dan sistimatis membuat siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Guru berkeliling memeriksa hasil pekerjaan siswa. Apabila ada siswa yang salah

8. Apakah siswa dapat mengikuti alur kegiatan belajar?

Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sesuai langkahlangkah pembelajaran yang dibuat oleh guru

9. Bagaimana cara guru memberikan arahan yang mendorong siswa untuk bertanya,

Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk membantu siswa dalam memahami

Tahap/Aspek

Indikator
berpikir dan beraktivitas?

Refleksi diri

Komentar pengamat 1
konsep yang diberikan dengan mengacak siswa, terutama siswa yang kelihatannya masih bingung. Siswa disuruh ke depan dan apabila salah pekerjaannya siswa yang lain membantu menjelaskan sampai siswa yang tadi itu mengerti. Hampir seluruh siswa aktif mengerjakan soal dengan memanipulasi benda kongkret yaitu lidi yang dibawa oleh siswa. Guru merangkum pembelajaran sudah baik. Guru menyuruh beberapa Siswa untuk menjelaskan konsep yang diperoleh. Kemudian guru memberi penegasan kepada seluruh siswa. Selanjutnya guru meberi kesempatan bertanya kepada siswa.

Komentar pengamat 2
mengerjakan maka guru bertanya. Apa kesulitannya? Dimana letak tidak mengertinya? Kelihatan betapa guru sangat bersemangat dalam memberi bantuan sehingga tidak ada siswa yang santai.

Hasil kerja siswa (qualitative)

10. Apakah siswa aktif melakukan kegiatan fisik dan mental (berpikir)? Berapa banyak siswa yang aktif belajar? KEGIATAN PENUTUP Penguatan/ konsolidasi 11. Bagaimana cara guru memberikan penguatan, dengan mereviu, merangkum atau menyimpulka?

Saya senang melihat seluruh siswa aktif belajar matematika dengan menggunakan alat peraga lidi yang dibawa.

Sebelum guru menutup pelajaran, guru sudah bagus dengan memberikan penguatan, cara memberikan penguatan dilakukan melalui tanya jawab. Lalu guru menyuruh beberapa siswa menyimpulkan pembelajaran dan terakhir guru memberi penegasan kepada seluruh siswa tentang konsep yang dijelaskan. Guru memberikan PR dan memberi tugas untuk

12. Apakah guru memberi tugas

Guru memberi PR dari buku siswa dan memberi

Tahap/Aspek

Indikator
rumah untuk remidi atau penguatan?

Refleksi diri

Komentar pengamat 1
tugas membaca untuk pertemuan berikutnya. Guru memberi evaluasi lisan melalui tanya jawab dan evaluasi tulisan melalui tes penguasaan konsep. Setelah mengamati observasi di kelas dari hasil pengamatan saya, kelihatannya siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan kalau disuruh mengerjakan soal siswa bisa. Perencanaan perbaikan yang dilakukann guru sudah cukup baik karena siswa lancar memperkirakan hasil perkalian, konsep perkalian meningkat

Komentar pengamat 2
mempelajari topik berikutnya. Guru memberi evaluasi melalui tes tertulis.

Hasil kerja siswa (qualitative)

Evaluasi

13. Bagaimana cara guru melakukan evaluasi pembelajaran?

14. Bagaimana ketuntasan belajar siswa?

Kalau dilihat dari pengamatan saya, siswa nampaknya sudah tuntas belajarnya karena dia mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, serta mampu mengerjakan soal yang diberikan. Antusias siswa mengikuti pembelajaran cukup tinggi terlihat dari semangat mereka. Tujuan pembelajaran cukup berhasil karena dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep perkalian

Komentar pengamat tentang sejauh mana perencanaan perbaikan ini berhasil memecahkan masalah?