You are on page 1of 5

Penyebaran Agama Islam di indonesia

indonesia merupakan negara Muslim terbesar di seluruh dunia. Meskipun 88% penduduknya beragama Islam, Indonesia bukanlah negara Islam. Muslim di Indonesia juga dikenal dengan sifatnya yang moderat dan toleran. Situs ini berisi sejumlah informasi dasar mengenai Islam di Indonesia.

Organisasi-Organisasi islam di indonesia


Sejarah awal penyebaran Islam di sejumlah daerah yang sekarang dikenal sebagai Indonesia sangatlah beragam. Penyebaran Islam di tanah Jawa sebagian besar dilakukan oleh walisongo (sembilan wali). Berikut ini adalah informasi singkat mengenai walisongo.

WALISONGO (Sembilan Wali) "Walisongo" berarti sembilan orang wali. Mereka adalah Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Dradjad, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Muria, serta Sunan Gunung Jati. Mereka tidak hidup pada saat yang persis bersamaan.

Namun satu sama lain mempunyai keterkaitan erat, bila tidak dalam ikatan darah juga dalam hubungan guru-murid...continued

Organisasi sekarang
Di Indonesia ada banyak sekali organisasi sosial dan keagamaan Islam. Dari sekian banyak organisasi tersebut, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah adalah organisasi-organisasi yang paling besar.

Nahdlatul Ulama
Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia dengan anggota sekitar 35 juta. NU seringkali dikategorikan sebagai Islam traditionalis, salah satunya karena sistem pendidikan pesantrennya. Pesantren adalah sekolah agama Islam yang dikelola oleh para kiai NU, dan biasanya menyediakan penginapan bagi murid-muridnya. Pesantren pada umumnya mengajarkan cara membaca dan menulis Al-Quran dalam bahasa Arab, menghapal ayat-ayat suci AlQuran, pelajaran agama Islam lainnya, dan juga ilmu dan pengetahuan umum.

Indonesia dan Perang Melawan Terorisme


Indonesia merupakan salah satu target serangan teroris akhir-akhir ini. Aksi-aksi pemboman pada malam Natal tahun 2000 disejumlah gereja dibeberapa kota di Indonesia, pemboman di Kuta, Bali pada bulan Oktober 2002, dan peledakan Hotel J. W. Marriott di Jakarta pada bulan Agustus 2003 telah menewaskan ratusan orang yang tidak bersalah dan melukai ratusan lainnya. Berkat usaha keras

aparat keamanan dengan dukungan dari rakyat Indonesia serta kerjasama yang baik dengan negara-negara lain, sejumlah kelompok teroris, terutama yang bargabung dalam kelompok yang dikenal sebagai Jemaah Islamiyah (JI) berhasil ditangkap dan diajukan ke pengadilan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kelompok teroris yang beroperasi di Indonesia ini, silakan melihat arsip-arsip