You are on page 1of 3

MK.

Sosiologi Umum September 2011 Ruangan : RK P25 (I34080007)

Tanggal Praktikum : 8 Asisten : Dwi Agustina

SOSIOLOGI SEBAGAI SUDUT PANDANG DRUG TRAFFICKER DARI CIANJUR (Irfan Budiman, Rian Suryalibrata, dan Upik Supriyatun) Fachru Reza Rochili (F34110012) Terlihat wajah Ola alias Merika Franola Nampak lebih cerah dan tegar daripada Rani Adriani sepupunya yang sama-sama divonis mati oleh Pengadilan Negeri Tangerang yang dipimpin Hakim Asep Iwan Iriawan. Perjalanan hidup Ola sangat berliku, dimulai dari setelah tamat SMA di Cianjur, Jawa Barat merantau ke Jakarta untuk menjadi disc joker . Singkat cerita, setelah ia beranak dari hasil hubungan gelap dengan Mr.X dan dikaruniai anak bernama Eka Prawira, dia bertemu dengan Tajudin alias Toni, pria asal Nigeria yang bertemu dengannya di Apartemen miliknya di bilangan Kampungbali, Jakarta Pusat. Sejak pertemuan pertama itulah, mereka berdua menjalin hubungan dengan tinggal bersama, dan setelah 2 bulan tinggal bersama, Ola pun hamil, setelah itu secara resmi mereka berdua mengikat tali kasih mereka di Cianjur, Jawa Barat. Namun, perkawinan mereka tak semulus janji yang terucap, ternyata Toni ringan tangan, namun Ola selalu memaafkan perbuatan Toni, karena begitu cintanya dia terhadap suaminya itu. Lalu Ola pun mengetahui bahwa bisnis pakaian jadi suaminya hanya kedok untuk menutupi bisnis narkotika yang dijalankan Toni. Ola pun direkrut oleh Toni untuk ikut bermain menjadi drug trafficker dengan order sampai ke luar negeri. namun Ola mengaku dia seperti dipaksa oleh Toni untuk melakukan itu semua. Dua sepupu Ola, Rani dan Deni Setia Maharwan pun ikut terjun dalam bisnis ini, karena tuntutan keadaan yang harus memaksa mereka untuk berhutang budi kepada Toni dengan membalasnya menjadi kurir suruhan Toni. Jejak karier mereka bertiga berakhir pada tanggal 12 Januari 2003, dimana saat mereka bertiga tertangkap di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta saat Rani dan Deni berada di pesawat Cathay Pasific menuju London, dan Ola berada di parkiran mobil bandara. Petugas menyita 3,5 kg heroin dari Rani dan 3 kg kokain

dari Deni. Sebanyak 3,6 kg heroin ditemukan di rumah Ola di Bogor. Pada hari yang sama, suaminya Toni beserta empat temannya tewas diringkus oleh polisi yang dipimpin Kapolwiltabes Bandung Alex Bambang Riatmodjo, menurutnya belakangan terungkap bahwa Ola melakukan itu semua bukan karena paksaan. ANALISIS
1. Dari bacaan tersebut, dapat disimpulkan solidaritas sosial

yang mendasari peristiwa tersebut adalah solidaritas organik dimana Toni, Ola, Rani, dan Deni saling melengkapi membentuk suatu jaringan pengedaran narkotika dengan spesialisasi kerja masing-masing individu yang berbeda namun untuk kepentingan bersama.
2. Tipe ideal tindakan sosial yang mendasari :

- Tindakan rasional instrumental yaitu Tony memaksa Ola untuk menjadi pengedar narkotik demi mendapatkan keuntungan bagi dirinya. - Tindakan rasional berorientasi nilai yaitu Rani dan Deni ditolong Ola karena masih sebagai keluarga.
- Tindakan tradisional yaitu Ola selalu patuh dan mengalah

terhadap Tony, karena dalam hal ini Tony adalah suaminya Ola - Tindakan afektif yaitu Tony sering melampiaskan kemarahannya pada Ola, misalnya menyundutkan rokok di kepala Ola. 3. Konsep Dasar Sosiologi : - Struktur Sosial : hubungan sosial yang dapat terdapat dalam bacaan adalah perkawinan Ola dan Tony - Tindakan sosial : telah dijelaskan sebelumnya dalam poin no.2, namun dapat disimpulkan adanya hubungan kerja sama antara Ola, Rani, Deni dan Tony membentuk suatu jaringan pengedaran narkotika dengan cara Tony memaksa Ola karena Ola adalah istrinya, dan mempengaruhi Rani dan Deni, karena alasan balas budi keluarga. - Integrasi Fungsional : Ketergantungan Rani dan Deni kepada Tony yang telah meminjamkan uang sehingga ikut dalam bisnis narkotika.

- Kekuasaan : kelihaian Tony untuk mempengaruhi Ola, Rani, dan Deni untuk ikut dalam bisnisnya agar mencapai keuntungan buatnya.
- Kebudayaan : Kepatuhan Ola sebagai istri dari Tony

dengan ikut berkecimpung dalam bisnis gelap suaminya tersebut. 4. Analisis Aras-aras :
- Aras masyarakat : Sindikat narkotik Tony yang sudah

merambah hingga internasional dan tersusun dalam jaringan yang rapih.


- Aras institusi : Pengadilan Tangerang memvonis mati Ola

dan kedua sepupunya karena mengedarkan narkotik. - Aras mikro : hubungan antara Tony dan Ola. Contohnya saat Tony memukuli Ola. - Aras masalah sosial : Kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan Tony terhadap Ola.