You are on page 1of 15

Salah satu syarat sebelum menimbang selain timbangan harus bersih, serta datar adalah nonius harus nol.

Nonius dikatakan nol apabila nol skala utama berimpit dengan nol skala geser. Hal ini disebabkan karena nonius merupakan bagian dari batu timbang terkecil. Balok nonius terdiri dari 2 bagian yaitu Skala utama tetap dan skala geser dengan satuan miligram (mg). Skala geser dapat menimbang hingga 0.1 miligram atau empat angka desimal dalam satuan gram. Nonius digunakan apabila lempeng timbang terkecil sudah tidak dapat digunakan lagi, tidak cukup berat, atau terlalu berat.

Siswa dapat membaca nonius dengan baik dan benar. Sehingga tidak terjadi kesalahan penimbangan dan akan mendapatkan hasil timbangan yang seakurat mungkin hingga 4 angka dibelakang koma.

Neraca Analitik

Berikut ini merupakan Neraca Analitik dalam laboratorium Gravimetri

Pastkan neraca dalam keadaan baik, bersih, dan datar. Yaitu gelembung udara berada ditengah-tengah penyipat datar dan nol pada skala utama berimpit dengan nol pada skala geser. Sekrup penggerak nonius yang berada disamping kanan kotak neraca digerakkan memutar kedepan maupun kebelakang sesuai dengan nilai yang ditentukan

Cara pembacaan: a. angka pada skala utama berimpit dengan angka nol skala geser atau diatasnya menunjukkan angka depan koma. b. angka pada skala geser yang berimpitan dengan angka nol pada skala utama menunjukkan sepersepuluh miligram.

Hasil penulisan nonius dengan satuan gram dan empat angka desimal

Menggerakkan skala geser dengan cara menggeser sekrup keatas maupun ke bawah. Satuan nonius adalah miligram dengan satu angka desimal, tetapi dalam penulisan harus dikonversikan kedalam gram dengan empat angka dibelakang koma (desimal). Pembacaan angka didepan koma adalah denagn melihat angka skala utama yang berhimpit dengan angka nol pada skala geser atau dengan melihat angka pada skala utama yang terletak diatas angka nol pada skala geser.

Pembacaan angka sepersepuluh mg dengan melihat angka skala geser yang berhimpitan sejajar dengan salah satu angka skala utama.

Nonius merupakan batu timbang terkecil pada neraca analitik dua pinggan. Nonius digunakan apabila lempeng timbang terkecil tidak dapat digunakan, tidak cukup, maupun kelebihan bobot. Penggeseran nonius dapat dilakukan dengan cara memutar sekrup kedepan atau ke belakang sesuai dengan angka yang diinginkan. Pembacan nonius yang tepat menghasilkan hasil timbangan yang akurat.

Neraca yang digunakan pada praktek DKL merupakan neraca analitik. Salah satu yang harus diperhatikan dalam menggunakan Neraca Analitik adalah neraca harus berada dalam kadaan datar. Suatu Neraca dikatakan datar apabila gelembung udara berada di tengah penyipat datar, angka nol pada skala nonius, dan skala geser berimpit, dan kedua pinggan berada dalam keadaan datar (seimbang).

Apabila gelembung udara tidak tidak terdapat tepat ditengah-yengah penyipat datar, maka harus diatur sedemikian rupa degan meutar penyipat (adjusting screw) agar gelembung udara berada tepat ditengah-tengah penyipat datar. Kegiatan ini sangat penting karena merupakan salah satu penunjang ketelitiandalam proses penimbangan