You are on page 1of 12

PERMINTAAN AKAN JASA TRANSPORTASI DAN PERILAKU KONSUMEN

KONSEP DASAR TEORI PERMINTAAN


Permintaan didefinisikan sebagai Quantitas barang atau jasa yang rela dan mampu dibeli oleh konsumen dalam selang waktu tertentu berdasarkan kondisi kondisi tertentu. Angkutan merupakan suatu permintaan turunan. Tujuan dan alasan perlunya transportasi sesuai dengan kebutuhan utama manusia itu sendiri. Untuk melihat suatu karakteristik maka kita memerlukan variabel variabel yang nantinya akan dapat memeriksa karakteristik tersebut.

GAMBAR VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN SUMBU X DAN Y


Y Time

Fungsi dengan variabel X dan Y

X, Cost

KONSTANTA DAN VARIABLE YANG MENENTUKAN FUNGSI DAPAT BERUPA :

1. Arial 2. Biaya 3. Keselamatan 4. Kenyamanan

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI


PERMINTAAN
1. Karakteristik Fisik ( jenis yang diangkut ) 2. Tarif jasa itu sendiri ( X = Px ) 3. Rata rata penghasilan masyarakat ( Income = I ) 4. Tarif jasa alternatif 5. Exspectasi Konsumen dimasa mendatang harga ( Pe )

6. Exspectasi Konsumen dimasa mendatang Income ( Ie )


7. Exspectasi Konsumen dimasa mendatang ketersediaan barang ( Pae ) 8. Selera ( Taste of Consumer = T ) 9. Banyaknya konsumen potensial ( Number of Consumen = N ) 10. Pengeluaran iklan ( Advertising expenditure = A ) 11. Features atau atribut ( F ) 12. Faktor faktor lainnya ( Others = O )

HAL HAL YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI DAN EKSPEKTASI SESEORANG

1. Kebutuhan dan keinginan 2. Pengalaman masa lalu 3. Pengalaman dari temen temen 4. Komunikasi melalui media iklan

KONDISI - KONDISI YANG DIINGINKAN SIPEMAKAI


Pada umumnya sipemakai menghendaki apa yang hendak dibayar mempunyai karakteristik yaitu : 1. Karakteristik lebih cepat ( faster ) 2. Karakteristik lebih murah ( cheaper ) 3. Karakteristik lebih baik ( better )

DELAPAN DIMENSI YANG DIGUNAKAN UNTUK


MENGANALISA KARAKTERISTIK SUATU PRODUK :

1. 2. 3. 4.

Performansi ( Performance ) Features fungsi tambahan Keandalan ( Reliability ) Konformasi ( Conformance ) kesesuaian dengan spesifikasi yang ditetapkan 5. Durability 6. Kemampuan pelayanan 7. Estetika lebih ( bersifat subyektif ) 8. Kualitas yang dirasakan ( Perceived Quality )

PENGARUH DARI VARIABEL VARIABEL YANG ADA DALAM PERMINTAAN

KURVA KURVA PERMINTAAN KONSUMEN


1. Indifference Curve ( Kurva Indifferen ) Pada transportasi produksi yanng ditawarkan atau dijual akan mempunyai satuan Pnp Km/Waktu atau tonkm/waktu. Penumpang yang akan membeli juga mempunyai satuan yang sama Rumus :

C ( cost ) = a x Satua jasa

2. UTILITAS LINIER
Fungsi utilitas yang linear yang dapat merupakan fungsi kemampuan yang akan berhubungan nantinya dengan tingkat kepuasan dapat saja menggambarkan variabel variabel yang akan dibicarakan. Hubungan terjadi bila mengabaikan variabel lainnya atau dianggap tetap

TERIMA KASIH