You are on page 1of 3

ANATOMI dan FISIOLOGI SISTEM REPRODUKSI PRIA

SISTEM REPRODUKSI Reproduksi adalah proses melanjutkan keturunan. Alat-alat reproduksi adalah bagian-bagian tubuh yang digunakan untuk melanjutkan keturunan. SISTEM REPRODUKSI PRIA a.Organ eksterna -Penis -Scrotum b.Organ interna -Testis -Epididimis -Vas deferens -Vesikula seminalis -Kelenjar prostat -Uretra saluran kencing.

ANATOMI ORGAN REPRODUKSI PRIA !.ORGAN EKSTERNA "#Penis $Terdiri dari 3 ta ung !aringan erektil" yaitu % -Satu pasang korpus ka#ernosa$ -Satu korpus spongiosa$ $Korpus spongiosu% membungkus uretra pars ka&ernosa dan berakhir pada gland penis.

'#Skrotu% $Skrotum (kantung pelir# merupakan kantung yang berisi testis. $)erjumlah sepasang* yaitu skrotum kanan dan kiri. $+inding skrotum tidak mengandung lemak subkutan dan rambut tetapi mengandung sedikit otot. $,tot ini bertindak sebagai pengatur suhu lingkungan testis agar kondisinya stabil. ).ORGAN REPRODUKSI INTERNA "#Testis $-umlah % ' (kanan dan kiri# $.etak % di dalam kantong skrotum $)entuk % seperti telur $Testis terdiri dari belahan-belahan yang bernama lobulus testis $+i testis* terdiri dari '//-0// lobulus dan setiap lobulus terdiri dari 0 tubulus seminiferus $Testis dibungkus oleh tunika albuginea dan tunika &aginalis* yang memungkinkan masingmasing testis dapat bergerak bebas di dalam skrotum $+i dalam tubulus terdapat sel spermatogenik dan sel penunjang yaitu sel sertoli $+iantara tubulus terdapat sel interstisial le&dig$ '#Epididi%is $Epididimis merupakan saluran panjang berkelok-kelok yang menempel di belakang testis $Panjangnya 1 2 - "/ m 0#'as de(erens $Vas deferens merupakan saluran lurus yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan dari epididimis $3erupakan saluran yang dapat diikat dan dipotong pada saat &asektomi.

4#'esikula se%inalis $Vesikula seminalis merupakan kantong-kantong kecil yang berbentuk tidak teratur $Panjangnya 5 6 "/ cm $Saluran dari &esikula seminalis bergabung dengan &as deferens membentuk ductus ejaculatorius 5#Saluran e!akulasi $Saluran ejakulasi merupakan saluran pendek yang menghubungkan kantung semen dengan uretra $Panjangnya kira-kira '*5 cm. 7#Kelen!ar prostat $Kelenjar prostat melingkari bagian atas uretra dan terletak di bagian ba8ah kantung kemih 2#Uretra

$Uretra merupakan saluran akhir reproduksi yang terdapat di dalam penis. )ISIO*OGI SISTEM REPRODUKSI PRIA ". penis 9 untuk saluran keluarnya air seni. '. skrotum 9 melindungi testis terhadap trauma. 0. testis 9 menghasilkan hormon testosteron. 4. epididimis 9 tempat maturasi spermato:oa berlangsung dan bergerak menuju ke &as deferens. 5. &as deferens 9 sebagai tempat jalannya sperma dari epididimis menuju kantung semen atau kantung mani. 7. &esikula seminalis 9 menghasilkan cairan &esikal yang kaya fruktosa untuk memberi nutrisi pada sperma. 2. saluran ejakulasi 9 untuk mengeluarkan spermato:oa agar masuk ke uretra. ;. kelenjar prostat 9 mengeluarkan cairan prostat yang mengandung en:im hialuronidase. <. uretra 9 sebagai saluran kelamin yang berasal dari kantung semen dan saluran untuk membuang urine dari kantung kemih.