You are on page 1of 14

Anatomi Suprarenal Gland

Suprarenal gland merupakan organ berwarna kuning dan berjumlah sepasang. Organ ini terletak diantara ginjal dan diphragma, superomedial terhadap ginjal. Suprarenal gland dikelilingi oleh connective tissue yang mengandung banyak perinephric fat dan dikelilingi oleh Renal Fascia serta menempel pada crura of the diaphragma. Meskipun namanya suprarenal tetapi tempat penempelan yang utamanya itu adalah pada crura diaphragma bukan pada ginjal. Ukuran dari kelenjar ini adalah : panjang 4-6 cm, lebar : 1-2 cm, tebal : 4-6 cm dengan berat 8 gr untuk sepasang kelenjar ) Suprarenal ini dipisahkan oleh suatu septum tipis yang merupakan bagian dari Renal Fascia. Masing-masing suprarenal memiliki batas dan bentuk yang berbeda. a. Pyramidal right Gland ( posisinya lebih horizontal ) Terletak disuperior pole dari ginjal kanan Anterolateral terhadap Right crus dari diaphragma dan liver. Berdekatan dengan IVC disebelah anteromedialnya.

b. Crescent shaped left Gland ( posisinya lebih vertical ) Berdekatan dengan spleen, stomach, pancreas da left crus dari diaphragma. Masing-masing kelenjar memiliki hillum.Hillum merupakan tempat keluarnya pembuluh darah vena dan lymphatic. Sedangkan arteri dan saraf masuk melalui banyak sisi dari kelenjar. Masing-masing kelenjar suprarenal memiliki 2 bagian : a. Suprarenal cortex Berasal dari mesoderm serta mensekresikan hormone corticosteroid dan androgen b. Suprarenal medulla Berasal dari neural crest serta mensekresikan hormone cathecolamine ( epinephrine dan norepinephrine )

Vaskularisasi Fungsinya sebagai kelenjar endokrin menyebabkan kelenjar suprarenal memerlukan supply pembuluh darah yang banyak. Kurang lebih terdapat sekitar 50-60 cabang arteri yang berpenetrasi pada lapisan kapsul yang melapisi seluruh permukaan dari kelenjar. Suprarenal arteri berasal dari 3 sumber : a. Superior suprarenal arteries yang berasal dari inferior phrenic arteri b. Middle suprarenal arteries yang berasal dari abdominal aorta c. Inferior suprarenal arteries yang berasal dari renal arteri Awalnya arteri akan menyuplai bagian kapsul dari suprarenal, membentuk plexus capsular, kemudian akan berpenetrasi semakin kedalam mambentuk plexus subcapsular dan kemudian akan membentuk plexus sinusoid. Plexusplexus ini akan menyuplai darah bagian korteks (cortical arteries ). Kemudian plexus ini akan beranstomosom membentuk plexus medularis yang akan menyuplai darah kebagian medulla.

Struktur Umum dan Sirkulasi Darah dari Kelenjar Adrenal

Sedangkan pembuluh darah vena dari suprarenal terdiri dari : a. Short Right Suprarenal vein yang dialirkan langsung ke Inferior vena cava b. Longer left suprarenal vein yang begabung dengan dengan inferior phrenic vein dan bermuara ke left renal vein. Inervasi Nerve supply dari suprarenal gland paling banyak berasal dari celiac plexus dan abdominopelvic ( greater, lesser, dan least ) splanchnic nerve. Myelinated presynaptic symphatetic fiber terutama berasal dari

intermediolateral cell column ( IML ) atau lateral horn dari gray matter spinal cord segment T10-L1 kemudian melewati baik itu ganglia paravertebral dan prevertebral tanpa sinaps untuk disebarkan pada sel-sel chromaffin pada suprarenal medulla.

Lymphatic drainage Suprarenal lymphatic vessels muncul dari plexus di dalam kapsul kelenjar dan dari dalam medullanya. Alyran lymph selanjutnya masuk ke lumbar lymph node.

Histologi Suprarenal Gland


Kelenjar adrenal memiliki dua lapisan : a. Lapisan perifer ( korteks adrenal ) , berwarna kuning b. Lapisan sentral ( medulla adrenal ), berwarna coklat kemerahan Kelenjar dibungkus oleh suatu kapsul yang tersusun atas jaringan ikat padat kolagen yang menjulur ke bagian dalam kelenjar membentuk septa tipis yang disebut trabekula. Stromanya terutama terdiri atas serat-serat retikulin yang menyokong sel-sel pensekresi.

Kortek adrenal Dibagi menjadi 3 lapisan : a. Zona glomerolusa menempati 15 % volume total kelenjar adrenal. Tersusun atas sel-sel silindris atau pyramidal yang berhimpitan membentuk kelompok membulat atau melengkung dan dikelilingi oleh kapiler. Sel-selnya mengandung banyak reticulum endoplasma halus. Zona ini mensekresikan hormone mineralkortikoid terutama aldosteron yang berfungsi dalam pengaturan keseimbangan elektrolit dan air.

b. Zona fasciculata menempati 65 % volume total kelenjar adrenal. Sel-selnya tersusun berupa tumpukan lurus setebal satu atau dua sel yang tersusun tegak lurus terhadap permukaan organ ini dan memiliki kapiler diantaranya. Sel-selnya berbentuk polyhedral dengan banyak tetesan lipid dalam sitoplasmanya yang diakibatkan disolusi lipid selama pembuatan jaringan. Sel-sel fasciculata tampak bervakuola. Zona ini mensekresika glukokortikoid terutama kortisol.

c. Zona retikularis menempati 7 % volume total kelenjar adrenal. Terletak diantara zona fasciculata dan medulla, merupakan lapisan adrenal korteks yang paling dalam. Tersusun atas tumpukan sel-sel yang tidak teratur membentuk anyaman yang bersinambungan. Sel-selnya berbentuk lebih kecil dari dua lapisan lainnya. Terdapat granula pigmen lipofusin yang besar-besar dan cukup banyak.

Medulla adrenal

Tersusun atas sel parenkim polyhedral bertumpuk atau berkelompok serta disokong oleh fiber-fiber retikulin. Terdapat kapiler diantara tumpukan yang bersebelahan dan terdapat sel ganglion parasimpatis. Sel parenkima medulla berasal dari sel-sel neural crest dan merupakan neuron pasca ganglionic simpatis yang dimodifikasi, yang telah dihilangkan akson dan dendritnya selama perkembangan embrional dan menjadi sel-sel sekretorik. Sel ini disebut dengan chromafin cells. Sel sel ini memiliki ciri mengandung banyak granula sekretorik padat electron bermembran dengan diameter 150-350 nm. Granulanya mengandung katekolamin ( epinephrine dan norepinephrin ), ATP, protein yang disebut kromogranin, -hidroksilase dopamine, serta peptda mirip opiate ( enkefalin ).

Adrenal medulla ini berfungsi untuk mensekresikan hormone katekolamin ( epinephrine dan norepinephrin ). Ephinephrin dan norepinephrin disekesikan oleh dua sel yang berbeda : a. Sel pengsekresi epinephrine, memiliki granula lebih kecil dan kurang padat electron b. Sel pengsekresi norepinephrine, memiliki padat electron granula lebih besar dan lebih

Adrenal Medulla
Zona reticularis

Venous channels

M edulla