You are on page 1of 37

Pankreas

ANATOMI
Adalah sebuah kelenjar saluran cerna yang berbentuk memanjang dan terletak melintang pada abdomen dorsal, dorsal terhadap gaster.

Caput pancreatis dalam lengkungan duodenum. - dorsal berbatas langsung pada v.cava inferior, a.renalis dextra, v.renalis dextra, dan v.renalis sinistra.

Ductus choledochus terletak dalam alur pada permukaan dorsokranial caput pancreatis.

Corpus pancreatis meluas ke kiri dengan melintasi aorta dan vertebra L2, dorsal dari bursa omentalis. - berhubungan erat dengan pembuluh splenica (lienalis). - ventral gaster. - dorsal aorta, a.mesenterica superior, glandula suprarenalis sinistra, ren sinistra, dan pembuluh renalis.

Cauda pancreatis terletak antara kedua lembar ligamentum splenorenale bersama pembuluh splenica. - ujungnya biasanya menyentuh hilum splenicum.

Ductus pancreaticus berawal dalam cauda pancreatis dan melalui massa kelenjar ke caput pancreatis untuk membelok ke caudal dan mendekati ductus choledochus. - Ductus pancreaticus dan ductus choledochus ampulla hepatopancreatica papilla duodeni major.

Ductus pancreaticus accessorius (ductus santorini) menyalurkan getah pankreas dari processus uncinatus dan bagian caudal caput pancreatis bermuara ke papilla duodeni minor.

2 sfingter yang mengatur aliran empedu dan getah pankreas : Musculus sphincter ductus pancreatici mengitari bagian akhir ductus pancreaticus (ductus wirsung). Musculus sphincter ampullae hepatopancreaticae (sphincter oddi) mengitari ampulla hepatopancreatica.

ARTERI Cabang-cabang a.splenica corpus dan cauda pancreatis. Cabang a. gastroduodenalis (A.pancreaticoduodenalis anterior dan posterior) dan cabang a.mesenterica superior (ramus anterior dan posterior a.pancreaticoduodenalis inferior) caput pancreatis.

VENA V.portae hepatis V.splenica V.mesenterica superior.

LIMFE Nodi lymphoidei pancreaticoduodenales. Nodi lymphoidei pylorici. Ditampung oleh nodi lymphoidei coeliaci, Nodi lymphoidei hepatici, dan Nodi lymphoidei mesenterici superiores.

PERSARAFAN Nervus vagus Nervi splanchnici thoracici

Serabut parasimpatis dan simpatis dari plexus coeliacus dan plexus mesentericus superior mencapai pankreas dengan mengikuti arteriarteri.

HISTOLOGI
Merupakan kelenjar besar, secara embriologi berasal dari pertumbuhan keluar usus primitif bagian depan. Terdiri dari 2 komponen : - endokrin - eksokrin bagian terbesar

Glandula pankreas terselubung oleh kolagen tipis dan melekat tidak erat yang meluas membentuk septum lobulus.

Komponen endokrin
Membentuk pulaupulau pankreas (pulau langerhans). Sel endokrin kecil, sitoplasma glandular kurang terpulas karena rER sedikit.

Sel penggetah glukagon () 20% dari pulau, kemerahan, cenderung ke perifer. Sel penggetah insulin () 70% dari pulau, biru. Sel penggetah somatostatin ().

Komponen eksokrin
Terdiri dari asinus sekretoris (terdiri dari sel-sel asinar berbentuk piramid) tersusun rapat berdrainase ke sistem duktus.

Duktus interkalaris duktus intralobularis duktus interlobularis. Duktus interkalaris dilapisi epitel selapis kuboid rendah. Pada duktus yang lebih besar lapisan berlapis. Duktus interlobularis diselubungi jaringan penyokong yang lebih tebal.

Sel asinar
Inti di basal. Sitoplasma basofilik. Penuh rER. Apeks berisi granula sekretorik zimogen eosinofilik.

Kandung empedu

ANATOMI
Merupakan kantung berbntuk buah pir. Jalur penyalur empedu : Duktus hepatikus kanan dan kiri. Duktus choleduktus (biliaris). Kandung empedu (vesica fellea). Duktus cysticus.

Aliran empedu
Canalikuli biliaris portal hati (cabang interlobularis terkecil) duktus interlobularis bersatu menjadi lebih besar aorta hepatis membentuk duktus hepatikus kanan : mengalirkan empedu dari lobus kanan. Kiri : mengalirkan dari lobus kiri, kaudatus, quadratus.

Letak posterior hati. Pembagian : Fundus : bulat, menonjol di bawah pinggir inferior hati, berhubungan dengan dinding anterior abdomen setinggi costa IX kanan. Korpus bersentuhan dengan permukaan viseral hati dan arahnya ke atas, belakang, kiri. Kollum berlanjut menjadi duktus cysticus.

Batas-batas
Anterior dinding anterior abdomen dan permukaan viseral hati. Posterior kolon transversum dan bagian pertama dan kedua duodenum.

Perdarahan, Limfe, dan Persarafan


Pembuluh arteri a. cystica (cabang a.hepatika kanan). Pembuluh vena v. cystica mengalirkan darah langsung ke vena porta. Aliran limfe menuju lymphatica cysticae. Persarafan berasal dari plexus coeliacus.

HISTOLOGI
Saat tidak tegang mukosa mengadakan beberapa lipatan. Submukosa relatif tidak padat, banyak serabut elastin, pembuluh darah, dan pembuluh limfe yang besar mendrainase air yang diabsorpsi dari empedu selama proses konsentrasi.

Serabut-serabut dari lapisan muskular terutama tersusun oblik. Di bagian luar terdapat selubung adventisia kolagen yang tebal (serosa) membawa pembuluh darah dan limfe besar.

Lapisan epitel selapis terdiri dari sel kolumnar sangat tinggi dengan inti di basal, banyak mikrovilli pendek dan tidak teratur menyebabkan permukaan lumen tidak rata. Fungsi sel-sel epitel memekatkan empedu ( air masuk ke anyaman kapiler yang sangat banyak di lamina propria)