You are on page 1of 23

TULISAN POPULER

Fitri Oktafiani Desi Itawati Dewi Indriyani Inggita I.H.P Ririn Pujiastuti M. Agus Firmansyah (0810933004) (0810933017) (0810933018) (0810930042) (0810933029) (0910930010)

DAFTAR ISI

PENDAHULUAN Latar Belakang Rumusan Masalah Tujuan Manfaat PEMBAHASAN Pengertian TP Jenis-jenis TP Ciri-ciri TP Perbedaan TP dgn Artikel Ilmiah Kiat-kiat membuat TP PENUTUP

LATAR BELAKANG
Tulisan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang berfungsi sebagai penghubung atau jembatan antara penulis dengan pembaca yang mampu menciptakan komunikasi secara timbal balik. Sebagai sebuah proses transfer ilmu dan informasi, semakin hari aktivitas menulis semakin banyak ditekuni. Perkembangan dunia tulis menulis semakin pesat, yang diindikasikan dengan maraknya karya tulis yang semakin beragam. Karya-karya tulis yang paling banyak diminati masyarakat dapat menjadi sebuah Tulisan Populer.

RUMUSAN MASALAH
Pengertian tentang Tulisan Populer Kriteria dari Tulisan Populer Ciri-ciri dari Tulisan Populer Perbedaan Tulisan Populer dan Artikel Ilmiah Kiat-kiat penulian Tulisan Populer

TUJUAN
Memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan informasi atau wawasan penulisnya dan diharapkan dapat menjadi bahan wacana yang bermanfaat bagi pembacanya.

MANFAAT
Dapat memberikan informasi atau wacana yang penting dan menarik bagi pembaca. Menambah wawasan bagi pembacanya. Memberikan pembaca kemudahan dalam menemukan informasi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

PENGERTIAN

Tulisan Menurut Dr. Slamet Suseno, tulisan adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan sebuah karya tulis yang disusun berdasarkan tulisan, karangan, dan pernyataan gagasan orang lain. Populer Dalam Kamus Bahasa Indonesia disebutkan bahwa Populer berarti dikenal dan disukai orang banyak (umum). Bisa juga berarti sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya, atau mudah dipahami oleh orang banyak. Tulisan Populer yaitu karya tulis yang ditampilkan dengan bahasa umum yang mudah dipahami oleh masyarakat awam

JENIS-JENIS
Puisi Catatan Harian Antologi Tulisan Reflektif Fiksi Ilmiah Novel Filosofi Renungan Harian Cerita rakyat

PUISI
Puisi dapat diartikan sebagai tulisan (komposisi) yang dirancang untuk menyampaikan pengalaman dengan jelas dan imajinatif, yang ditandai oleh penggunaan bahasa yang padat, yang dipilih untuk memperoleh suara, daya yang berpengaruh kuat (sugestif)

CATATAN HARIAN
Catatan harian sifatnya terjaga dari jamahan orang lain dan menjadi ruang dimana penulis bisa menelurkan tulisan secara intim. Sehingga seseorang bisa menulisnya secara sangat emosional, juga detail. Cukup banyak beberapa buku catatan harian yang turut mewarnai daftar buku-buku berpengaruh. Contohnya dalam skala internasional terdapat buku berjudul Diary of a Young Girl karya Anne Frank.

ANTOLOGI
Merupakan kumpulan dari karya-karya sastra. Awalnya, definisi ini hanya mencakup kumpulan puisi (termasuk syair dan pantun) yang dicetak dalam satu volume. Namun, antologi juga dapat berarti kumpulan karya sastra lain seperti cerita pendek, novel pendek, prosa, dan lain-lain.

TULISAN REFLEKTIF
Yaitu tulisan yang berdasarkan analisa atau pengalaman individual yang dialami untuk pembelajaran.

FIKSI ILMIAH
Suatu bentuk fiksi yang terutama membahas tentang pengaruh sains dan teknologi yang diimajinasikan terhadap masyarakat dan para individual. Contohcontoh fiksi ilmiah yang terkenal yaitu Frankenstein, Karya-karya penulis Perancis Jules Verne, Star Trek,dan Star wash

NOVEL FILOSOFI
Tulisan dalam bentuk novel yang isinya tentang filosofi-filosofi yang ingin disampaikan oleh penulis atau kembali disampaikan penulis dari filosofi yang pernah ada.

RENUNGAN HARIAN
Tulisan yang berupa kumpulan catatan-catatan yang bisa digunakan sebagai bahan renungan seharihari.

CERITA RAKYAT
Tulisan yang ceritanya berasal dari kejadian disuatu masyarakat / daerah dapat berupa cerita fiksi maupun non-fiksi.

CIRI-CIRI TULISAN POPULER


Adanya pesan yang dipergunakan untuk menarik perhatian pembaca. Isi tulisan biasanya memikat pembaca untuk membaca sampai akhir. Data atau informasi yang disajikan biasanya mudah dipahami oleh pembaca. Bahasa yang dipergunakan bersifat umum. Biasanya struktur kalimat yang digunakan adalah kalimat aktif.

CIRI-CIRI TULISAN POPULER


Gaya penulisan tidak baku. Umumnya, informasi dipaparkan dalam bentuk narasi. Paparan ceritanya menarik baik dari aspek intelektual pembaca maupun menyentuh emosi pembaca yang bersangkutan. Terkadang terdapat pesan implisit berupa keinginan penulis agar pembaca melakukan tindakan tertentu.

TULISAN POPULER VS ARTIKEL ILMIAH


Bertujuan memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan informasi atau wawasan penulisnya Bertujuan untuk menuangkan pemikiran penulis kepada khalayak akademik lebih luas melalui media jurnal yang sesuai dengan disiplin ilmunya baik lingkup nasional maupun antarbangsa. Ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan sehingga memuat informasi-informasi dan fakta-fakta empirik yang akurat, mutakhir dan komprehensif dengan metodologi yang jelas.

Tidak selalu harus berdasarkan pada fakta-fakta empirik (penelitian), dapat juga berasal dari hasil pengamatan atau perenungan (refleksi).

TULISAN POPULER VS ARTIKEL ILMIAH


Pembahasan dan analisis tidak terlalu mendalam dan rinci, namun logika serta sistematika pemikiran tetap diperhatikan Pembahasan dan analisisnya menggunakan kata-kata, istilah-istilah atau kalimat yang mudah dicerna dan sudah populer di masyarakat. Laporan penelitian saja tidak cukup, karena sering kali hanya dibaca oleh pemberi dana dalam lingkungan terbatas. Dipaparkan secara singkat, rinci, logis, sistematis, padat, dan komprehensif (namun tidak bertele-tele), dengan menggunakan bahasa Indonesia (asing) yang sesuai dengan aturan main yang berlaku di dunia akademik.

KIAT-KIAT MEMBUAT TULISAN POPULER


Memperhatikan Pembaca Sederhana Menghindari Istilah Asing. Menghindari Jargon, Singkatan dan Akronim. Spesifik dan Konkrit Detil yang Relevan Membuat Analogi

KESIMPULAN

Masyarakat pada umumnya lebih menyukai atau menaruh minat membaca pada tulisan populer. Hal ini dikarenakan bentuk dari tulisan populer yang menarik, sederhana dan mudah untuk dimengerti. Tulisan populer biasanya mengandung pesan tersirat dari penulisnya agar pembacanya dapat memahami dan melakukan sesuatu yang diinginkan penulis. Jenis-jenis dari tulisan populer yang banyak diminati masyarakat antara lain puisi, tulisan reflektif, fiksi ilmiah, novel filosofi dan cerita rakyat. Tulisan populer selalu berkembang mengikuti jaman, karena tulisan populer lebih banyak mengangkat permasalahan yang menjadi pusat perhatian masyarakat dan ide atau pemecahan masalah terhadap sesuatu yang sedang mewabah dimasyarakat.